home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Ingin Perut Kembung Saat Puasa? Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari

Jumat, 10 Juni 2016 13:33 by fzhchyn | 2479 hits
Tak Ingin Perut Kembung Saat Puasa? Ini Dia Makanan yang Harus Dihindari
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Saat menjalankan puasa, potensi perut mengalami kembung biasanya semakin besar. Hal ini dikarenakan kondisi perut yang kosong dalam waktu hingga belasan jam ditambah jika seseorang tersebut memiliki penyakit seperti maag.

Agar tak mengalami perut kembung saat puasa, sebenarnya kita hanya perlu mengkonsumsi makanan yang tepat, yaitu makanan yang kaya serat dan perbanyak minum air putih atau jus buah. Sebisa mungkin saat berbuka atau sahur jangan terlalu banyak goreng-gorengan dan berlemak, karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Selain itu, sebaiknya kita menghindari menyantap mie instan saat sahur. Karena mie instan dapat menimbulkan efek kembung dan mual.

"Saat sahur penuhi karbohidrat, protein, lemak sehat misalnya dari ikan, kacang-kacangan, dikombinasikan dengan mikronutrien dari sayur kemudian mineral. 40-50 persen harus terpenuhi saat sahur, supaya bisa menahan selama 12 jam," ujar Spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr Marya W. Haryono.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Penting juga untuk mengontrol makan saat berbuka puasa. Jangan lakukan balas dendam saat berbuka puasa dengan memakan apa saja yang tersaji. Makan secara perlahan, karena lambung perlu beradaptasi setelah kosong selama 14 jam. Karena makan dengan kalap dapat membuat perut kaget dan menjadi kembung.

Untuk berbuka, dr Marya menganjurkan konsumsi makanan manis namun tak berlebihan seperti madu, kurma, bahkan yogurt. "Saat buka, isi nutrisi yang lengkap. Makanan manis usahakan terbatas, dua sendok makan gula," kata Marya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)