home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bikin Traveler Penasaran, Patung Ini Hanya Boleh Dicium Oleh Pemegang Gelar Doktor!

Senin, 13 Juni 2016 20:00 by reinasoebisono | 2050 hits
Bikin Traveler Penasaran, Patung Ini Hanya Boleh Dicium Oleh Pemegang Gelar Doktor!
Image source: Dream

DREAMERS.ID - Kota Gottingen menjadi termahsyur karena keberadaan universitas besar yang sudah terbukti melahirkan tokoh-tokoh hebat. Para matematikawan, filsuf, ahli sejarah dan 47 pemenang hadiah nobel diketahui pernah mengenyam pendidikan di universitas ini. 

Sebut saja tokoh-tokoh seperti John von Neumann, David Hilbert, hingga J. Robert Oppenheimer pernah menjadi mahasiswa di tempat ini. Kota ini terletak di antara Hamburg dan Frankfurt serta berada di dekat pegunungan Harz. Universitas Gottingen menjadi salah satu daerah paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Eropa.

Menariknya lagi, Universitas Gottingen juga terus berupaya untuk melestarikan sebuah tradisi kuno. Salah satunya yaitu menjaga patung air mancur dari perunggu yang diletakkan di depan balai kota tua. Patung gadis angsa atau disebut Ganseliesel berdiri kokoh sejak tahun 1901. Patung ini menggambarkan gadis muda yang membawa tiga angsa dalam dekapannya.


Image source: Wikipedia

Baca juga: Kunjungi Empat Masjid Unik di Sekitar Jalur Pantura di Momen Mudik Tahun Ini!

Dalam beberapa dekade terakhir, setelah patung air mancur ini didirikan muncul sebuah tradisi baru. Di mana setiap mahasiswa yang telah memperoleh gelar doktor harus masuk ke dalam air mancur. Para wisudawan diminta untuk menaiki air mancur dan mengalungkan bunga serta mencium patung si gadis angsa.

Padahal awalnya, kesempatan untuk mencium gadis angsa hanya diperuntukkan bagi mahasiswa baru saja. Namun tradisi mencium patung menjadi berubah dari waktu ke waktu. Dan kini hanya yang sudah bergelar doktor saja yang diperbolehkan menciumnya.

Meskipun tradisi ini dilarang, namun Universitas Gottingen secara resmi mengiklankan diri dengan memajang foto seorang lulusan PhD mencium patung gadis angsa. Tapi sayang sekali patung yang merupakan hasil karya Paul Nisse ini dirusak oleh vandalisme. Setelah dibersihkan kembali, sekarang patung asli disimpan rapi di museum kota. Sedangkan yang dipajang hanya sebuah replika saja.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)