home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenalan Dengan Tito Karnavian, Calon Kapolri Yang ‘Langkahi’ 5 Angkatan Di Bawahnya

Kamis, 16 Juni 2016 17:00 by reinasoebisono | 2083 hits
Kenalan Dengan Tito Karnavian, Calon Kapolri Yang ‘Langkahi’ 5 Angkatan Di Bawahnya
Image source: CNN

DREAMERS.ID - Akhirnya Istana Negara memberikan nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Mensesneg Pratikno. Nama Tito Karnavian, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) secara mengejutkan menjadi calon tunggal.

Sebelum nama Tito resmi disebut, pihak istana kompak menutup mulut. Bahkan kabar ini disampaikan oleh Ketua DPR Ade Komarudin, bukan dari Presiden Jokowi. Melansir CNN, Presiden Jokowi memilih Tito Karnavian guna meningkatkan profesionalisme Polri sebagai pengayom masyarakat.

Tito sendiri dikenal sebagai Mantan Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror dan mengatakan siap menjalan tugas yang diberikan padanya sebelum menjalani uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar Kimisi III pada 22 Juni mendatang.

“Ini kepercayaan dari Presiden dan amanah dari Allah SWT. Saya akan laksanakan tugas seoptimal mungkin untuk bangsa, negara, dan masyarakat.” Ungkap Tito. “Masih ada proses yang harus dijalani. Semoga saya mendapat dukungan semua pihak.”


Tito Karnavian (kanan) bersama Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Detik)

Sebenarnya nama Tito Karnavian tidak ada dalam 3 daftar calon Kapolri yang diajukan Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri. Mereka hanya Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan, Kepala BNN Komisaris Jenderal Budi Waseso dan Inspektur Pengawasan Umum Polri Komisaris Jenderal Dwi Priyatno.

Baca juga: Indonesia Akan Berlakukan Mikro Lockdown Untuk Tangkal Omicron, Apa Artinya?

Tito Karnavian awalnya menolak dicalonkan karena masih ingin fokus memberantas teroris di Indonesia. Selain itu, tahun angkatan Tito juga jadi perdebatan. Karena jadi lulusan terbaik Akademi Kepolisian angkatan 1987, Tito melangkahi lima angkatan yang sekarang masih jadi polisi aktif untuk dicalonkan sebagai Kapolri.

Namun hal itu ditepis oleh Mendagri Tjahjo Kumolo karena pencalonan Kapolri adalah hak prerogatif Presiden dan ditentukan oleh cukupnya bintang di pundak sang perwira. "Tapi (soal) bintang enggak ada senior dan junior. Itu diserahkan sepenuhnya kepada Bapak Menko Polhukam, Ketua Kompolnas," ujar Tjahjo.

Karir Tito Karnavian dikenal sebagai mantan Tim Kobra yang memimpin penangkapan Tommy Soeharto dalam kasus pembunuhan hakim Safiuddin Kartasasmita. Selain itu, Tito juga dianggap sebagai perwira bintang 3 paling berprestasi dan layak menjadi jenderal di puncak kepemimpinan polisi Indonesia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)