home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karya Anak Bangsa, Gerbong Kereta Buatan Indonesia Ini Akan Dikirim ke Tiga Negara

Selasa, 28 Juni 2016 10:00 by reinasoebisono | 1747 hits
Karya Anak Bangsa, Gerbong Kereta Buatan Indonesia Ini Akan Dikirim ke Tiga Negara
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) tengah bersiap untuk mengekspor gerbong kereta api ke Vietnam, Sri Lanka dan Mesir.

"Setelah Bangladesh, INKA memasang target selanjutnya masuk ke beberapa negara baik di Asia ataupun di Timur Tengah. Siap masuk ke Vietnam, Sri Lanka dan Mesir," kata Direktur Utama INKA, Agus H Purnomo, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (27/6).

Menurut Agus, perluasan ekspansi ekspor gerbong kereta ke sejumlah negara sejalan dengan kesuksesan INKA memenuhi permintaan dari Bangladesh. Pada 2015 silam, perusahaan pelat merah ini mendapatkan kontrak memasok sebanyak 150 gerbong kereta ke Bangladesh, langsung dikerjakan dan ditargetkan penyerahannya tuntas sebelum akhir 2016.


Gerbong buatan Indonesia yang telah diekspor ke Bangladesh (Detak.co)

Dalam proses tender di Bangladesh, INKA berhasil mengalahkan beberapa perusahaan kereta ternama dari China. Untuk yang MG tipe tempat duduk yang diaplikasikan 2-2, yaitu dua seat di sebelah kiri dan dua seat di sebelah kanan dengan di tengah-tengahnya sebagai jalan. Sementara untuk yang BG memiliki kursi 2-3.

"Pengoperasian kereta buatan INKA di Bangladesh diresmikan langsung oleh Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed, pada Sabtu (25/6). Kereta yang dinamakan Sonar Bangla Express itu menempuh rute Kota Dhaka ke Citagong," kata Agus.

Sesuai dengan karakteristik masyarakat Bangladesh yang masih memiliki tradisi naik penumpang hingga ke atap kereta, maka unsur utama dari kereta tersebut adalah kekokohan rangka dan body.

Sementara opsi aerodinamis menjadi hal yang tidak terlalu dipertimbangkan. "INKA patut berbangga karena kereta buatan anak bangsa secara resmi telah beroperasi di jalur kereta Bangladesh. Selanjutnya kita siap masuk ke negara lainnya," kata Agus.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)