home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berbentuk Kastil Megah, Ini Dia Masjid Tersuci Kedua di Palestina Setelah Al-Aqsa

Minggu, 03 Juli 2016 11:20 by reinasoebisono | 3200 hits
Berbentuk Kastil Megah, Ini Dia Masjid Tersuci Kedua di Palestina Setelah Al-Aqsa
Image source: berkeley.ed

DREAMERS.ID - Selama ini Palestina identik dengan keberadaan Masjid Al-Aqsa. Banyak orang tertarik untuk melakukan perjalanan wisata religi ke Palestina lantaran ingin menyaksikan langsung Al-Aqsa yang pernah menjadi kiblat pertama umat Islam.

Namun sebenarnya, selain Al-Aqsa, masih ada masjid lain yang tak kalah bersejarah. Adalah Masjid e Khalil yang terletak di Hebron, Palestina. Masjid ini dibangun di sekitar area pemakaman Nabi Ibrahim AS, Yaqub AS, Ishaq AS dan Yusuf AS.

Tempat berdirinya masjid ini dikenal sebagai area terpenting ke-4 setelah Mekah, Madinah dan Yerusalem. Tak cuma itu, Masjid e Khalil juga dinilai sebagai masjid paling suci kedua di Palestina setelah Masjid Al-Aqsa.


Image source: ppu.edu

Masjid e Khalil berbentuk persegi panjang dan memiliki luas sekitar 60x30 meter persegi. Pada awalnya, masjid ini merupakan tempat peribadatan umat Yahudi yang dibangun pada abad ke-1 oleh Herod the Great. Hampir semua konstruksi terluar yang ada saat ini merupakan sisa bangunan tersebut.

Kala itu bangunan masjid tidak memiliki atap hingga pada tahun 637 M, Yerusalem jatuh ke dalam kekuasaan Muslim dan pada bangunan ini pun ditambahkan sebuah atap. Lantas fungsinya pun diubah menjadi sebuah masjid.

Namun, pada tahun 1100 M, Yerusalem ditaklukkan oleh Kristen dan masjid ini diubah menjadi gereja yang dikenal pada saat itu sebagai Castle of St. Abraham. Dan sejak itu muslim tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam.


Makam Nabi Ibrahim di dalam Masjid E Khalid (imemc.org)

Hingga pada tahun 1188 M di bawah pimpinan Salahuddin Ayyubi, Yerusalem ditaklukkan kembali dan masjid ini pun difungsikan kembali. Menariknya, Salahudin memperbolehkan umat Kristiani untuk tetap beribadah di sini.

Pasca penaklukkan, Salahuddin juga menambahkan menara setinggi 15 meter pada setiap pojok masjid. Dua menara di antaranya masih bertahan hingga kini. Bagian lain dari masjid yang masih bertahan sampai sekarang adalah sebuah mimbar yang dibawa oleh Salahuddin dari Aqselon,

Mimbar ini masih dalam kondisi yang bagus dan dinilai sebagai mimbar tertua dan sebuah hasil karya yang luar biasa baik dalam desain dan pengerjaannya. Saat ini Masjid e Khalil telah terbagi menjadi 2 yaitu sebagai sebuah sinagog untuk peribadatan umat Yahudi dan masjid untuk umat Islam.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)