home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Alasan Karakter Dwayne ‘The Rock' Johnson di Film Disney 'Moana' Tuai Kontroversi

Rabu, 13 Juli 2016 22:17 by daranm_ | 3634 hits
Inilah Alasan Karakter Dwayne ‘The Rock' Johnson di Film Disney 'Moana' Tuai Kontroversi
Image source: youtube.com

DREAMERS.ID - Disney kembali dengan film terbarunya yang berjudul ‘Moana’.  Film ini bercerita tentang putri pertama Polynesia, yaitu Moana dan persahabatannya dengan manusia setengah dewa, Maui yang dihidupkan oleh suara Dwayne ‘The Rock’ Johnson.

Namun, ternyata film ‘Moana’ menuai kontroversi. Beberapa masyarakat Polynesia mulai dari politisi, pakar media dan seniman mengungkapkan kekecewaannya terhadap penggambaran karakter Maui dari film yang rencananya akan full rilis pada 23 November 2016 mendatang.

Melansir dari laman Elitedaily, Eliota Fuimaono salah seorang tokoh terkemuka Polynesia sekaligus pemain rugby dan Jenny Salesa yang merupakan anggota parlemen dari New Zealand mem-posting sebuah meme di akun Facebook mereka sebagai ungkapan rasa frustasi terhadap penggambaran budaya pada karakter Maui. Eliota menulis caption White people telling white stories vs white people telling Polynesian Stories. I see you.”

“Jika anda melihat postur badan orang-orang Polynesia selama 100-200 tahun terakhir, mereka sama sekali tidak kelebihan berat badan seperti itu. Penggambaran Maui yang seperti itu (obesitas) adalah stereotype negatif dan tidak dapat kita terima”, tulis Salesa. Namun, tak lama post-an tersebut sudah dihapus olehnya.

Baca juga: Quintessa Swindell Gabung Dwayne Johnson dalam Film DCEU 'Black Adam'

Berbeda pendapat dengan sebelumnya, ada juga yang berkomentar positif mengenai penggambaran karakter Maui pada film ‘Moana’. Michele Mulipola, artis dari New Zealand menganggap bahwa itu bukan bentuk obesitas melainkan menunjukan bentuk kekuatan dan kekuasaan lewat posting-an di akun Twitternya.

image: twitter.com/bloodysamoan

Sementara itu, film ini ditulis oleh penulis skenario dari Polynesia dan memiliki komposer Polynesia, yakni Hamilton serta juga memakai beberapa aktor yang berasal dari Polynesia sebagai pengisi suara. Sebelumnya, Disney telah merilis teaser trailerMoana’ sepanjang 1,29 menit tersebut.

(dnm)

Komentar
  • HOT !
    Tanggal 19 April 2023 menjadi hari penuh duka bagi ASTRO dan AROHA (fandomnya). Hari itu, Moonbin ditemukan meninggal dunia di rumahnya....
  • HOT !
    Parc Jae Jung mengumumkan tanggal wajib militernya melalui Instagram pribadinya. Selain itu, ia mengungkapkan rencana untuk lagu baru sebelum menjalani tugas negara tersebut....
  • HOT !
    Apink dipastikan tampil di ‘Knowing Bros’ untuk pertama kalinya dalam enam tahun. Episode yang menampilkan girl group ini dijadwalkan tayang pada 27 April mendatang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)