home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Sedang Ditaksir Seseorang, Ini Penyebab Munculnya Bintik Putih di Kuku

Selasa, 26 Juli 2016 12:00 by fzhchyn | 2479 hits
Bukan Sedang Ditaksir Seseorang, Ini Penyebab Munculnya Bintik Putih di Kuku
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Munculnya bercak atau bintik putih di permukaan kuku sering dikaitkan dengan mitos-mitos tanpa dasar, seperti menjadi tanda jika ada seseorang yang sedang menyukai atau bahkan sebal terhadap kita. Kehadiran bintik putih ini sebenarnya bisa dijelaskan secar ilmiah dan penyebabnya pun beragam.

Bintik putih di kuku atau yang dalam istilah ilmiahnya disebut Leukonychia ini biasanya akan hilang seiring pertumbuhan kuku. Merangkum dari berbagai sumber, beriku adalah beberapa penyebab mengapa bintik putih ini bisa muncul.

1. Alergi

Bercak putih bisa saja muncul akibat indikasi alergi karena pemakaian suatu produk, misalnya pemakaian nail polish atau infeksi oleh jamur. Beberapa orang menemukan kukunya memiliki bercak putih sehabis menghapus kutek dari kukunya.

2. Kurang vitamin

Kekurangan vitamin dan mineral seperti seng, protein serta kalsium juga bisa menjadi penyebab timbulnya bercak putih di kuku. Kekurangan zat-zat penting tersebut biasanya juga dibarengi dengan gejala seperti kulit kering atau rambut rontok.

3. Luka

Baca juga: Pentingnya Jaga Kuku Tetap Pendek Selama Pandemi Corona

Bercak putih di kuku juga sering muncul karena luka atau cidera. Misalnya, saat jari terjepit sesuatu  atau terlalu sering melakukan manicure.

4. Stres

Hal disebabkan karena tubuh kekurangan kalsium dan seng. Kedua zat ini akan digunakan tubuh secara cepat saat stres menyerang. Nah, habisnya kedua zat ini akan menimbulkan  bintik-bintik putih pada kuku. Cobalah untuk mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, labu, atau biji bunga matahari untuk memenuhi kebutuhan zat tersebut.

5. Penyakit serius

Leukonychia juga bisa terjadi akibat gangguan organ internal seperti terjadi gangguan kelenjar tiroid dan hati. Penyakit ini membuat kuku terasa gatal kemudian spot putih tersebut muncul bisa melukai lempeng kuku akibat dari bakteri dan jamur yang ada pada kuku dapat memakan keratin di dalamnya.

Dalam beberapa kasus, bercak putih bisa menjadi penanda kamu sedang menderita penyakit yang cukup serius. Beberapa penyakit serius seperti malaria, anemia atau penyakit hati memiliki gejala yaitu dengan munculnya bercak putih di kuku.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)