home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Angka Kemiskinan di Jakarta Menurun, Kinerja Pemprov DKI Dinilai Sudah Tepat?

Selasa, 02 Agustus 2016 12:00 by fzhchyn | 831 hits
Angka Kemiskinan di Jakarta Menurun, Kinerja Pemprov DKI Dinilai Sudah Tepat?
Image source: wikimedia.o

DREAMERS.ID - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi DKI Jakarta atas data Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menganalisa jika angka kemiskinan di ibukota telah mengalami penurunan. Hal ini terlihat jika membandingkan angka kemiskinan pada Maret 2015 dan Maret 2016.

"Jadi Maret sebelumnya sama Maret tahun ini turun sebenarnya, 400 sekian ribu. Sekarang garis kemiskinan di DKI itu 4,71 persen dibanding dari tahun sebelumnya 8-10 persen," kata Donny Joewono, Kepala BI Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, Senin (1/8) melansir Kompas.

Berdasarkan data BPS itu, pada Maret 2016, jumlah penduduk miskin di Jakarta mencapai 384.300 orang atau 3,75 persen dari jumlah keseluruhan penduduk ibukota. Berdasarkan analisa BI, angka kemiskinan di Jakarta terus mengalami penurunan sejak 2013.

Menurut Donny, Jakarta memiliki karakteristik tersendiri akan penyebab kemiskinan. Jika naiknya angka kemiskinan di daerah lain terkait dengan faktor kebutuhan pangan, maka di Jakarta lebih dikarenakan kebutuhan non-pangan.

Baca juga: Jakarta Sudah Bukan Ibu Kota dan Alami Kekosongan Hukum Terkait Status Ibu Kota?

"Jadi orang di Jakarta itu gajinya sebagian besar untuk transportasi sama perumahan. Miskinnya gara-gara itu. Misal sewa rumah, kontrak rumah, jadi gajinya orang Jakarta itu beda sama orang Jateng sama Jatim," ucapnya.

Karena itu, ia memuji langkah Pemprov DKI yang membangun banyak rumah susun sederhana sewa dibarengi dengan layanan bus gratis bagi kalangan tertentu. "Jadi Pemprov DKI Jakarta itu sudah benar track-nya untuk menurunkan orang miskin, maka fokusnya adalah yang non-makanan," ujar Donny.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)