home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Lagi Sebuah Konsep, Bus ‘Mengangkang’ Anti Macet Resmi Mengaspal di Cina!

Selasa, 09 Agustus 2016 16:55 by reinasoebisono | 2255 hits
Tak Lagi Sebuah Konsep, Bus ‘Mengangkang’ Anti Macet Resmi Mengaspal di Cina!
Image source: Amusing Pla

DREAMERS.ID - Beberapa tahun belakangan heboh dengan sebuah konsep transportasi untuk mengurai kemacetan yang diusung Negeri Tirai Bambu, Cina. Desain futuristik ini menggugah dunia karena konsepnya yang disebut ‘mengangkang’ atau berjalan di atas mobil-mobil jalan raya.

Hanya butuh 2 bulan untuk Cina sejak merilis video konsep pada Mei lalu untuk membuat desain bus raksasa yang sempat disebut bus 3D ini ke dunia nyata. Bukan MRT atau KRL, bus ini disebut Transit Elevated Bus atau TEB. Mekanismenya, bus ini akan berjalan dengan roda di setiap ujung lajur jalan.

Tentu saja para penumpang yang menaiki bus sepanjang 300 meter ini masuk dari terminal yang lebih tinggi dari jalan. Istimewanya, bus ini akan berjalan tanpa mengusik jalanan di bawahnya, bahkan bisa melaju hingga 60 km/jam.

Tinggi total bus ini sekitar 4.8 meter, di mana ‘kolong’ yang diciptakan di bawahnya memiliki tinggi 2 meter. Bus ini diklaim mampu mengatasi kemacetan parah Cina karena tak ada lagi bus yang ngetem atau menaikkan dan menurunkan penumpang sembarangan.


Menurut sang Kepala Engineer proyek ini, Song Youzhou, satu TEB setara dengan 40 bus biasa. Sehingga bisa dibayangkan efektifnya bus ini mengangkut penumpang sekali jalan. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat 1 bus ini disebut mencapai US$4.5 Juta atau setara dengan Rp 54 Miliar!

Jangan lupa mencoba transportasi unik ini jika berkunjung ke Cina ya, Dreamers. ^^

(rei/image: Amusing Planet)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)