home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Teh Talua Balengge yang Nikmat Dari Padang

Kamis, 17 Januari 2013 16:00 by miko | 5863 hits
Teh Talua Balengge yang Nikmat Dari Padang
okefood.com

Kota Padang merupakan salah daerah di Indonesia yang kaya dengan aneka kuliner yang nikmat. Jika masakan Padang telah terkenal, maka jangan lewatkan Teh Talua Balengge atau Teh Telur Bertingkat jika kamu mengunjungi Padang.

Minuman ini sudah memasyarakat di ranah Minang sejak ratusan tahun lalu, namun belum dipatenkan sebagai minuman khas Sumatra Barat. Kedai Sutopo di jalan Ujun Gurun, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatra Barat, tidak pernah sepi dari pengunjung. Kedai berukuran 10 kali 15 meter persegi ini sudah lama dikenal masyarakat luas.

Pada kedai ini terdapat minuman yang tak bisa dilupakan. Namanya Teh Talua Balengge atau Teh Telur Bertingkat. Disebut bertingkat karena ada tiga warna dalam gelas tersebut. Sedangkan proses pembuatannya cukup sederhana.

Baca juga: Ke Indonesia, Member LC9 Ingin Coba Nasi Goreng dan Masakan Padang!

Sutopo sendiri mengaku memiliki teknik khusus hingga minuman ini bisa bertingkat. Minuman ini terdiri dari kuning telur mentah dicampur gula lalu diaduk dalam gelas dengan waktu satu menit. Pengadukan bisa menggunakan sendok, lidi, hingga alat besi yang sudah dirancang. Setelah teraduk rata, tambahkan dua sendok teh gula.

Proses selanjutnya, masukkan air teh hangat dan susu kental. Cara memasukkannya sedikit demi sedikit sehingga menimbulkan tiga warna; kuning di bagian bawah, air teh di tengah, dan warna putih di bagian atas.

Sementara itu, untuk menikmati the tiga warna ini Sutopo mematok harga minuman ini Rp6.000 per gelas, tanpa membedakan rasa. Minuman teh telurnya ini tersedia dalam rasa susu, madu, hingga kopi, tergantung permintaan konsumen.

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Maisaveron
Cast : Jimelsa Anatasha (OC) , Nam Joo Hyuk = Alvaro Gomer Jianheeng, All Member Infinite, Kim Mi Ra

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)