home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang

Jumat, 23 September 2016 13:10 by reinasoebisono | 2876 hits
Gencar Emansipasi, Begini ‘Wajah’ Wanita Korea Selatan Zaman Sekarang
Image source: Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tak hanya di Indonesia, tapi di Korea Selatan, masyarakatnya juga banyak yang aktif menuntut emansipasi wanita. Namun melansir laman Chosun Ilbo, para wanita ini terlampau aktif dan kurang memiliki waktu untuk diri sendiri.

Menurut survei yang dilakukan Statistic Korea, jumlah wanita melampaui pria dalam hal mengenyam pendidikan kuliah pada tahun 2015. Sayangnya, para kaum hawa ini masih belum mendominasi di bidang karir.

Lebih lanjut, kebanyakan dari mereka menikah terlambat dan jumlah wanita yang melahirkan di usia 20-an berkurang. Lebih banyak yang memiliki anak di usia 30-40 tahunan. Sebanyak 20% juga dilaporkan berhenti bekerja setelah menikah karena hamil dan memiliki anak.


Image source: Chosun Ilbo

Soal menikah terlambat, percaya atau tidak, rata-rata dari mereka menikah pada usia 29.8 tahun. Dan ada beberapa dari mereka yang bercerai dan mengalami pernikahan kedua pada usia 43 tahun di mana 67.7% menikahi pria yang lebih tua.

Baca juga: Semakin Banyak Wanita di Korea Selatan Berprofesi Sebagai Pengurus Mayat

Angka perceraian di Korea Selatan juga cukup tinggi. Di tahun 2015 saja, tercatat ada 115.000 wanita yang bercerai meski hasil survei menunjukkan lebih banyak yang menghabiskan hidup bersama di atas 20 tahun.

Yang mengejutkan, pola hidup wanita Korsel justru meningkat saat menikah. Contohnya adalah rutin sarapan, tidur, berolahraga hingga pemeriksaan kesehatan rutin pun lebih tinggi dimiliki oleh wanita menikah ketimbang mereka yang lajang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)