home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Kembali Guncang Jayapura, BMKG Nyatakan Tak Ada Potensi Tsunami

Jumat, 28 Oktober 2016 10:29 by tyassss | 980 hits
Gempa Kembali Guncang Jayapura, BMKG Nyatakan Tak Ada Potensi Tsunami
Image source: peta temati

DREAMERS.ID - Wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya Jayapura, Papua dilaporkan baru saja kembali diguncang gempa pada hari ini, Jumat (28/10). Melansir dari data situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 07.42 WIB.

Gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut diketahui berkekuatan sebesar 5,3 skala Richter dan berpusat di 52 km barat laut Jayapura. Kedalaman gempanya sendiri mencapai 10 km di bawah permukaan laut.

Meski guncangan gempa cukup kuat, namun laporan dari BMKG menyatakan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya tsunami. Melansir Viva, menurut catatan BMKG, setidaknya sepanjang bulan Oktober 2016 telah terjadi sebelas kali gempa dirasakan di sejumlah wilayah Indonesia.

Dari jumlah itu terdapat empat kali gempa dengan kekuatan di atas 6,0 skala richter. Yakni, gempa di Halmahera Barat Maluku Utara dengan kekuatan 6,2 SR terjadi pada 9 Oktober 2016. Lalu, gempa di Timur Laut Port Moresby Papua Nugini dengan kekuatan 6,7 SR terjadi pada 17 Oktober 2016.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Kemudian gempa di Timur Laut Subang Jawa Barat dengan kekuatan 6,5 SR terjadi pada 19 Oktober 2016 dan terakhir gempa di Bitung Sulawesi Utara pada 27 Oktober 2016 dengan kekuatan 6,1 SR.

Bahkan di bagian Papua sendiri sudah lebih dari dua kali diguncang gempa. Sampai berita ini diturunkan, belum bisa diketahui adakah kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Namun, kabarnya para penduduk cukup panik dan berhamburan keluar rumah saat guncangan berlangsung.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)