home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Google Doodle Tampilkan Keberagaman Indonesia yang Tetap Satu

Jumat, 28 Oktober 2016 10:35 by fzhchyn | 1908 hits
Peringati Hari Sumpah Pemuda, Google Doodle Tampilkan Keberagaman Indonesia yang Tetap Satu
Image source: Google

DREAMERS.ID - Halaman awal mesin pencari raksasa Google kembali menghadirkan sebuah Doodle unik untuk merayakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Seperti yang diketahui, tepat di tanggal 28 Oktober ini kita memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-88.

Logo Google yang biasanya tampil dengan warna-warni khasnya, kini diganti dan dihiasi ilustrasi enam pemuda dan pemudi Nusantara dari beragam suku di Indonesia. Mereka terlihat mengenakan pakaian adat dari Betawi, Jawa, dan Bali.


Image source: Google

Penggambaran Sumpah Pemuda semakin terasa dengan adanya kalimat di bagian atas yang muncul bergantian, yang seolah-oleh diucapkan oleh keenam orang tersebut. “Satu Tanah Air”, “Satu Bangsa”, dan “Satu Bahasa” adalah kalimat yang merujuk pada isi Sumpah Pemuda.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Hari Sumpah Pemuda sendiri diikrarkan pada 28 Oktober 1928 silam dan menjadi tonggak berdirinya Indonesia. Dilansir Kompas, Sumpah Pemuda merupakan keputusan yang diambil dalam Kongres Pemuda Kedua dengan isinya yang menegaskan pengakuan dan cita-cita akan adanya tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia.

Pada saat terjadinya, ikrar bersama itu belum dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda justru baru digunakan pasca-kongres selesai. Berikut ini, selengkapnya isi Sumpah Pemuda berdasarkan putusan kongress tersebut.

1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia
2. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia
3. Kami poetra dan poetri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia U 23 yang resmi diperpanjang kontraknya oleh PSSI sampai 2027 mengungkapkan para pemain Korea Selatan yang paling berbahaya yang harus diwaspadai Timnas Indonesia dalam laga perempat final Piala Asia U 23 2024, Kamis (25/4) malam ini....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 yang berlangsung di Boxies 123 Mall beberapa waktu yang lalu, banyak menampilkan acara seru, salah satunya adalah Coswalk Competition!...
  • HOT !
    Pada 18 Februari kemarin, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)