home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hari Sumpah Pemuda, Jokowi Siapkan Tiga Panggung ‘Hajat Akbar’ dan Selfie Bersama di Istana Merdeka

Jumat, 28 Oktober 2016 10:50 by Dits | 889 hits
Hari Sumpah Pemuda, Jokowi Siapkan Tiga Panggung ‘Hajat Akbar’ dan Selfie Bersama di Istana Merdeka
Image source: Antara, Fot

DREAMERS.ID - Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada hari ini, Jumat (28/10), pihak istana bersama Presiden Joko Widodo telah mempersiapkan tiga panggung sebagai hajat akbar bersama masyarakat. Tiga panggung yang didirikan di pelataran Istana Merdeka tersebut ternyata memiliki makna filosofis tersendiri berupa embrio Indonesia.

"Tiga pilar kebangsaan sumpah pemuda. Satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa," ujar Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala di Kompleks Istana Kepresidenan melansir CNN.

Dalam penjelasannya, Djumala mengungkapkan kalau pelataran didepan tiga panggung diartikan sebagai bangsa. Nantinya, berbagai kesenian mulai dari nyanyian dan tarian akan dipentaskan disana. Lebih lanjut, tiga panggung dianalogikan sebagai pilar penopang kesatuan bangsa.

Djumala juga menegaskan konsep peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini langsung dibuat sendiri oleh Jokowi. Menurutnya, acara yang telah menyebar 4.131 undangan ini rencananya akan dimulai pukul 19.30 WIB dan terbuka untuk umum, Jokowi juga akan terlibat langsung dalam acara tersebut.

"Konsep awal, beliau. Saya dipanggil. Beliau nyeni banget. Ini passion beliau," terangnya.

Baca juga: Tepat di Hari Sumpah Pemuda, Dian Sastro Ikut Tandatangani Petisi Terpuji Ini!

Berbagai pentas seni dari beragam etnik, suku, dan bangsa akan disuguhkan malam nanti dengan dikemas dalam 11 pertunjukan yang dibagi menjadi dua segmen. Pertama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Sumpah Pemuda, dan pernyataan kebudayaan Jokowi. Sementara segmen kedua menampilkan seni kebudayaan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. 

Menariknya, dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun ini akan menjadi momen bagi masyarakat untuk lebih dekat dengan sang Presiden. Jokowi akan duduk di panggung yang dekat dengan masyarakat. Jokowi bahkan akan bersalaman langsung dan ber-selfie bersama masyarakat sebelum acara dimulai.

"Jangan pisahkan rakyat dari saya. Jangan pisahkan rakyat dari Istana," ujar Djumala mengutip Jokowi.

Meski Jokowi membaur dengan masyarakat, namun pengamanan standar dari pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tetap dilakukan mulai body checksecurity check, dan metal detector

(dits/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)