home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Senang Dibilang Langsing, Pemilik Tubuh Terlalu Kurus Juga Rentan Penyakit

Rabu, 09 November 2016 14:15 by fzhchyn | 1942 hits
Jangan Senang Dibilang Langsing, Pemilik Tubuh Terlalu Kurus Juga Rentan Penyakit
Image source: flickr.com

DREAMERS.ID - Selama ini, kita beranggapan bahwa tubuh yang gemuk lebih rentan terhadap penyakit seperti obesitas, sleep apnea (jeda napas saat tidur), dan tekanan darah tinggi. Padahal orang yang bertubuh kurus juga rentan terhadap beberapa penyakit.

Walaupun tidak sebanyak penyakit yang bisa disebabkan oleh obesitas, namun terlalu kurus juga bisa membuat orang sakit-sakitan. Melansir laman Cheat Sheet, berikut adalah bahaya penyakit yang mengintai orang dengan tubuh terlalu kurus.

1. Gangguan hati
Tubuh yang terlalu kurus dan memiliki tingkat BMI rendah, yang artinya tinggi badan dan berat badan tidak proporsional, akan membuat tubuh memecah organ hati agar pasokan energi tetap terjaga ketika tidak mempunyai cukup kalori.

Kondisi tubuh yang kecil juga bisa menyebabkan kondisi jantung abnormal, karena jantung memompa darah terlalu cepat atau terlalu lambat. Menurut American Heart Association, detak jantung yang abnormal ini bisa menyebabkan kerusakan otak atau paru-paru.

2. Tulang lemah
Meskipun osteoporosis dianggap penyakit orang tua, namun BMI yang rendah juga bisa menjadi penyebabkan penyakit ini. Hal ini berarti orang kurus lebih rentan terhadap masalah kepadatan tulang dari pada orang dengan berat badan yang normal.

3. Risiko penyakit Demensia meningkat
Demensia merupakan istilah untuk menjelaskan penurunan fungsional yang sering disebabkan karena kelainan pada otak, seperti memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara, dan kemampuan motorik.

Baca juga: Rahasia Tubuh Langsing Victoria Beckham

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet Diabetes & Endrocrinology menemukan bahwa individu dengan tubuh terlalu kurus 34 persen lebih berisiko menderita Demensia dibandingkan berat badan yang sehat.

4. Masalah kesuburan
Masalah kesuburan ini sering kali dialami para pria dengan berat badan terlalu kurus. Sebuah penelitian pada tahun 2011 di Denmark, lebih dari 5000 orang mengungkapkan pria dengan BMI rendah lebih berisiko mengalami masalah seksual, termasuk disfungsi ereksi, jika dibandingkan dengan berat badan normal.

5. Depresi
Sebuah penelitian VU University Amsterdam menemukan bahwa seseorang yang mempunyai tubuh kurus dan orang yang obesitas sama-sama lebih berisiko mengalami depresi dari pada orang dengan berat badan normal. Bahkan orang dengan BMI rendah, seseorang lebih mungkin untuk menderita gangguan mental.

6. Anemia
Anemia adalah masalah lain yang bisa muncul pada orang yang tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, terutama zat besi yang merupakan bahan penting untuk menciptakan hemoglobin, bagian dari sel darah merah yang membantu transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)