home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mudah Mengantuk Hingga Masalah Kulit, Ini Dampak Perubahan Cuaca pada Kondisi Tubuh

Selasa, 15 November 2016 10:45 by fzhchyn | 1724 hits
Mudah Mengantuk Hingga Masalah Kulit, Ini Dampak Perubahan Cuaca pada Kondisi Tubuh
Image source: photostock.

DREAMERS.ID - Perubahan cuaca tak hanya mempengaruhi dalam bagaimana cara berpenampilan, seperti mengenakan pakaian tipis dan nyaman saat musim kemarau lalu berganti dengan baju yang tebal dan menghangatkan di musim hujan, tapi perubahan musim juga berpengaruh pada kondisi dan kesehatan tubuh.

Seperti melansir laman Women’s Health Mag, berikut adalah beberapa perubahan dalam tubuh yang bisa dialami saat pergantian musim tiba.

1. Sakit kepala dan migrain

Xiang Li, MD, seorang internis di Tri-City Medical Center di California mengatakan, “Salah satu penyebab sakit kepala adalah penyempitan pembuluh darah di otak. Cuaca dingin ini dapat menyebabkan pembuluh darah dengan cepat menyempit, mengurangi aliran darah.”

Perubahan cuaca seperti dingin yang tiba-tiba, silau matahari, atau badai bisa dapat menyebabkan ketidakseimbangan kimia dalam otak yang mengakibatkan migrain.

2. Kulit kering

Saat cuaca menjadi dingin, kelembaban di udara akan menjadi berkurang yang berarti juga membuat tingkat kelembaban kulit menurun. Tsippora Shainhouse, MD, seorang ahli kulit bersertifikat di Beverly Hills mengatakan, “Angin yang kencang akan membuat kering dan mengiritasi kulit dan berpotensi merusak penghalang lipid yang melindungi kulit.”

3. Kekurangan vitamin D

Salah satu sumber utama vitamin D dalam tubuh kita adalah dari konversi kolesterol yang disimpan dalam kulit menjadi vitamin D3 oleh paparan sinar matahari. Tapi saat musim hujan, indeks UV ini sangat rendah sehingga orang yang tinggal di dalam rumah tidak cukup mendapatkan sinar matahari.

Beberapa gejala yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D ini adalah lemahnya otot dan tubuh menjadi lebih sensitif terhadap rasa sakit serta mudah mengantuk.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

4. Gangguan pernapasan

Cuaca yang dingin dapat menyebabkan kejang otot dan saluran napas menjadi kecil, sehingga lebih sempit dan menyebabkan sesak napas.

5. Flu

Menghabiskan waktu lebih banyak di dalam rumah saat pergantian cucca berarti membuat kontak dengan orang rumah menjadi lebih sering, dan hal ini membuat peluang terkena flu menjadi lebih tinggi.

Kebanyakan virus menular selama beberapa hari sebelum gejala sakit muncul, sehingga sangat mudah terkena virus tanpa menyadarinya. Khususnya virus yang menyebabkan flu ini bisa tinggal di kulit selama tiga jam dan berada di permukaan kulit selama empat hari sebelum akhirnya mati.

Solusi terbaik agar tak mudah terkena flu saat pergantian cuaca adalah dengan rajin mencuci tangan secara menyeluruh serta hindari batuk dan bersin yang datang dari orang lain.

6. Rambut dan kuku rapuh

Saat cuaca dingin, pembuluh darah di kulit juga menjadi kecil, kaki menjadi menyusut, serta berkurangnya aliran darah, nutrisi, dan oksigen. Hal ini membuat rambut dan kuku menjadi rapuh dan menjadi lebih rentan terhadap luka ringan.

Artikel terkait: Cuaca Tak Menentu Buat Tubuh Rentan Penyakit, Simak Cara Pencegahannya

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Timnas Indonesia U 23 akan berlaga melawan Timnas Irak U 23 untuk memperebutkan tempat ketiga Piala Asia U 23 agar mengamankan posisi Grup C ke Olimpiade Paris 2024. Seperti yang diketahui, Indonesia dan Irak sama sama tidak lolos ke final Piala Asia U 23 2024 di mana Indonesia kalah dari Uzbekistan sementara Irak dikalahkan Jepang....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 berlangsung sukses! Melalui acara ini, telah menemukan bakat bakat baru yang siap bergabung menjadi announcer di Dreamers Radio....
  • HOT !
    Indonesia Comic Con dengan bangga mengumumkan event terbaru, Indonesia Anime Con (INACON) di acara Kick Off INACON pada tanggal 5 Maret 2024 di Irotikay Infinity. Indonesia Anime Con akan berlangsung pada tanggal 15 16 Juni 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)