home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Permudah Pelayanan, Buat e-KTP di Solo Bisa Lewat WhatsApp

Jumat, 18 November 2016 14:15 by Dits | 1039 hits
Permudah Pelayanan, Buat e-KTP di Solo Bisa Lewat WhatsApp
image source:soloposfm.co

DREAMERS.ID - Pemerintah Kota Solo semakin mempermudah pelayanan administrasi kependudukan dengan sistem online. Masyarakat bahkan kini bisa menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) dengan nomor 0857 2635 0798, atau melalui website dengan alamat, pelayanan.dispendukcapil.go.id.

Baca juga: Mengapa Seluruh Warga Jakarta Wajib Cetak Ulang E-KTP Tahun Depan?

"Selain mempermudah dan mempercepat layanan Adminduk, juga menekan praktik calo. Sasaran sistem online ini ditujukan untuk masyarakat Solo yang di luar kota dan sibuk dengan pekerjaan sehingga tak bisa mengurus administrasi kependudukannya secara langsung," ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo saat meresmikan sistem tersebut di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil).

Kasi Identitas Penduduk Dispendukcapil, Subandi menerangkan, layanan online pada dasarnya sama dengan pengurusan manual. Hanya saja dengan sistem online, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Dispendukcapil. Mereka cukup mendaftar melalui layanan yang tersedia, jika sudah jadi, yang bersangkutan akan dihubungi.

Subandi mengatakan, kendati pelayanannya online, tetapi semua syarat juga harus dipenuhi. Di antaranya surat keterangan dari RT/RW maupun kelurahan harus ada. Syarat tersebut, kata dia, harus diserahkan saat mengambil surat, atau administrasi kependudukan yang dibutuhkan.

Menurut Subandi, sebelum diresmikan oleh wali kota, layanan tersebut sudah mulai diterapkan sepekan terakhir. Sejumlah warga sudah mengakses layanan administrasi baik melalui WA atau website.

"Selama sepekan diujicobakan ada sejumlah warga yang mengurus Kartu Keluarga (KK), e-KTP maupun akta lahir. Mereka rata-rata pekerja di luar daerah, yang tak sempat ke balai kota," jelasnya.

Dia menambahkan, pelayanan administrasi kependudukan online baru sebatas empat macam. Yakni e-KTP, KK, Akta Lahir maupun Akta Kematian dan Kartu Insentif anak, sedangkan untuk pengurusan pindah tempat, belum bisa dilayani.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)