home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Niat Amankan Bandung dari Kejahatan, Cara Ridwan Kamil Justru Tuai Kritikan

Minggu, 20 November 2016 11:11 by fzhchyn | 1327 hits
Niat Amankan Bandung dari Kejahatan, Cara Ridwan Kamil Justru Tuai Kritikan
Image source: rappler.com

DREAMERS.ID - Aksi kejahatan jalanan kembali marak di Kota Bandung dalam beberapa waktu belakangan ini. Parahnya, hal ini tak hanya menimpa pemotor, tapi penjahat juga mengintai penumpang angkutan kota dan pejalan kaki. Namun kemarin kepolisian baru saja menembak mati begal sadis yang kerap beraksi di wilayah Dago dan Tamansari.

Untuk mengamankan dan mencegah Kota Bandung dari aksi kejahatan jalanan, sang wali kota Ridwan Kamil dilaporkan akan memperbantukan 500 satpam. Namun cara tersebut justru dikritik, dan banyak yang berpendapat bahwa untuk menumpas kejahatan, Pemkot seharusnya memperkuat satuan kepolisian dan TNI dengan cara membentuk satuan tugas (Satgas).

Hal itu disampaikan Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran, Muradi saat ditemui di Bandung, Sabtu (19/11). "Sebenarnya kalau ada perekrutan baru, biayanya bisa besar. Kalau pembentukan satgas mereka memang sudah pekerjaannya. Misalkan Satgas melibatkan Polri, TNI dan Satpol PP. Tinggal nanti diberi insentif saja," kata Muradi, mengutip Merdeka.

Menurut dia, jika Polri, TNI dan Satpol PP disatukan itu akan membentuk keamanan yang baik di Ibu Kota Jabar ini. Pengamanan sendiri lanjut dia terdapat dua mekanisme yakni ketentraman dan ketertiban (trantib) serta keamanan, ketertiban masyarakat.

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

"Kan Trantib ranah Satpol PP, dan Kamtibmas Polisi. Teritorialnya tinggal dari TNI. Itu pasti luar biasa," ujarnya. Oleh karena itu dia mendorong Ridwan Kamil untuk bisa merangkul ketiga instansi berbeda menjadi kekuatan hebat menjaga keamanan Bandung.

Pemkot Bandung juga rencananya akan menambah 120 kamera pengintai (CCTV) di sejumlah lokasi yang dinilai rawan. "Kalau CCTV itu bagus. Karena semua negara maju pasti memperbanyak CCTV. Misalkan di Jepang, karena banyak CCTV di mana kejahatan hadir hanya dalam 7 menit saja kepolisian pasti datang," tandasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)