home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kelompok Teroris Berbasis ISIS Ambil Kesempatan di Aksi Ricuh Demo 4 November?

Selasa, 29 November 2016 13:00 by tyassss | 939 hits
Kelompok Teroris Berbasis ISIS Ambil Kesempatan di Aksi Ricuh Demo 4 November?
Image source: pojoksatu.i

DREAMERS.ID - Meski pada awalnya berjalan dengan damai, aksi unjuk rasa 'bela Islam' pada tanggal 4 November lalu pun berakhir dengan ricuh. Dibalik kericuhan ini, dilaporkan terdapat orang-orang yang memanfaatkan situasi termasuk beberapa diantaranya diduga kelompok teroris.

Melansir Antara, terdapat sembilan orang terduga teroris kelompok Abu Nusaibah yang berbaiat kepada ISIS. Mereka membagi dua kelompoknya bergerak ke Penjaringan dan DPR untuk memanfaatkan situasi ricuh pada unjuk rasa 4 November 2016 lalu seperti yang dikatakan Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar kepada Antara.

Baca juga: Sari Roti Bantah Terlibat di Aksi Damai 212, Komentar Pro-Kontra Muncul di Netizen

Ia menjelaskan, setelah terjadi bentrok antara demonstran dengan petugas keamanan, Abu Nusaibah memerintahkan Wandi Sopandi alias Abu Usama untuk mengumpulkan kelompok Khafilah Syuhada yakni kelompok Al-Hawariyun agar berkumpul di Mesjid Al Fatah, Menteng.

Pukul 20.00 WIB, mereka berkumpul di halaman Mesjid Al Fatah, sementara di dalam masjid ada Abu Nusaibah, Samsudin Uba dan Ibnu Aji Maulana. Kemudian pukul 20.30 WIB, Abu Nusaibah keluar menuju halaman masjid dan memerintahkan Wandi Sopandi untuk membagi kelompoknya menjadi dua.

Tujuan rencana ini agar kelompok tersebut bisa berhadapan langsung dengan aparat saat ricuh dan mencari kelengahan aparat untuk merebut senjata api. Dari hasil pemeriksaan diketahui, kelompok yang bergerak ke Penjaringan tidaklah bergabung dengan massa, melainkan langsung menyusup ke barisan di belakang polisi untuk mencari kelengahan aparat.

"Dari pengakuan mereka, mereka bergerak berkumpul di Masjid Al Fatah dari rumah masing-masing, tidak ikut demo di siang harinya, karena mereka akan memanfaatkan jika situasi rusuh saja," jelas Boy.

Ia menambahkan, "Kelompok ini bermain keruh, mereka ikut kegiatan seolah sama (unjuk rasa) tapi padahal punya agenda terselubung yakni rebut senjata petugas. Mereka lihat momennya pas, sejauh ini kami belum lihat ada indikasi terkait dengan koordinator demo.”

(tys/antara)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)