home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jadi Kuliner Populer, Organisasi Pecinta Binatang Kecam Makanan Korea Selatan Ini

Jumat, 02 Desember 2016 13:25 by dodo07 | 4153 hits
Jadi Kuliner Populer, Organisasi Pecinta Binatang Kecam Makanan Korea Selatan Ini
Image source: youtube

DREAMERS.ID - Apa kamu pernah mendengar salah satu menu khas Korea Selatan, sannakji? Makanan ini berisi gurita yang disajikan hidup-hidup. Meski bagi sebagian orang yang telah mencicipinya mengatakan menu ini sangat lezat, namun secara tidak sadar sannakji dapat berpotensi membahayakan karena dapat menyebabkan tersedak jika tentakelnya yang masih bergerak tersebut menempel di kerongkongan.

Tak hanya dari segi kesehatan, belum lama ini sebuah organisasi pecinta binatang internasional, PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) mengecam penyajian hidangan ini setelah beberapa waktu lalu melakukan investigasi pada sebuah restoran seafood di Los Angeles.


Image source: youtube

Dalam video singkat yang dilansir Metro, mereka mengungkapkan metode 'barbar’ yang digunakan para chef untuk menyiapkan sannakji. Terlihat bahwa chef restoran memotong tentakel gurita dalam keadaan hidup. Karena hanya menyajikan satu porsi, hanya dua tentakel yang dibutuhkan yang kemudian memotongnya dan mengirisnya kecil-kecil. Bisa terlihta tentakel ini masih bisa bergerak.

Sementara itu, gurita yang kehilangan dua tentakelnya dibiarkan di atas papan pemotong. Dengan sisa tentakelnya, gurita 'pincang' ini menunggu kematiannya sampai ada orang yang kembali memesannya. Ketika tentakelnya habis, sisa kepalanya juga tak luput dari 'siksaan.' Organ dalamnya dikeluarkan dengan cara dibalik dan gurita ini dibiarkan mati dengan sendirinya.

Baca juga: Restoran Jjamppong No. 1 dari Korea, Ebiga Jjamppong Hadir di Indonesia

PETA menganggap hal ini termasuk dalam tindakan penyiksaan terhadap binatang karena dilakukan dalam keadaan masih, “Gurita yang dipotong hidup-hidup itu merasakan kesakitan setiap kali pemotongan dilakukan. Ini sama menyakitkannya seperti saat ikan, kaki kelinci, dan babi dipotong satu per satu. Ini adalah hal paling bar-bar yang dilakukan pada hewan." kata ahli cephalopoda, Dr. Jennifer Mather.


Image source: youtube

Dalam video tersebut tak hanya digambarkan tentang kekejaman pada gurita namun juga beberapa hewan laut lain seperti udang dan lobster yang juga disajikan kepada pelanggan saat tubuhnya masih hidup dan bisa bergerak. Melihat penyiksaan tersebut, PETA mengimbau pemerintah Amerika untuk membuat sebuah aturan yang melarang mutilasi hewan, disiapkan, dan disajikan hidup-hidup.

Ahli hewan invertebrata Dr Jaren G. Horsley mengatakan bahwa lobster akan merasakan sakit saat dipotong dan dibuka. Dan lobster akan merasakan paling sakit saat sistem sarafnya dihancurkan. 

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)