home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Mengganggu, Bau Mulut Juga Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Lainnya

Rabu, 07 Desember 2016 12:30 by fzhchyn | 2345 hits
Tak Hanya Mengganggu, Bau Mulut Juga Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan Lainnya
Image source: Getty Image

DREAMERS.ID - Hampir semua orang pasti sering merasa terganggu dan tidak percaya diri karena bau mulut. Biasanya, aroma tak sedap ini disebabkan oleh bakteri dari sisa makanan yang sebelumnya dikonsumsi.

Tapi selain mengganggu kesegaran napas, bau mulut ternyata bisa memberitahu kondisi kesehatan lho. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan lain yang bisa diketahui dari bau mulut dilansir dari laman Body and Health.

1. Masalah organ dalam
Biasanya jika mulut sedikit berbau busuk tandanya kurang menjaga kebersihan mulut dengan baik. Atau bisa juga menjadi tanda ada masalah pada gigi, tenggorokan, sinus, atau saluran pernapasan. Atau yang lebih parah adalah kanker paru-paru.

2. Gangguan tidur
Mulut yang berbau asam bisa terjadi karena mulut kering atau xerostomia yang biasanya terjadi karena gangguan tidur. Misalnya tidur dengan mulut terbuka atau sering mengalami gangguan napas saat tidur yang membuat mulut menjadi kering.

Baca juga: Cara Mudah Mengusir Bau Mulut yang Mengganggu

3. Diabetes
Nafas berbau buah-buahan atau aseton menandakan diabetes yang tidak dikontrol dengan baik. Biasanya juga akan lebih rentan terhadap penyakit gusi dan mulut kering.

4. Gagal ginjal
Nafas berbau amis tidak selalu berasal karena habis mengkonsumsi seafood. Jika mulut berbau seperti amonia atau pesing biasanya adalah tanda orang tersebut memiliki gagal ginjal atau memiliki kerusakan fungsi ginjal.

5. Masalah pencernaan
Jika napas yang berbau seperti kotoran, artinya tubuh sedang memiliki masalah pencernaan atau usus yang terhambat. Ini juga bisa jadi efek samping dari muntah yang terjadi terus-menerus.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)