home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mirip 'Jangkrik', Plt Gubernur DKI Sumarsono Minta Desain Ulang Bentuk Kepala Kereta MRT

Selasa, 17 Januari 2017 11:01 by Dits | 1558 hits
Mirip 'Jangkrik', Plt Gubernur DKI Sumarsono Minta Desain Ulang Bentuk Kepala Kereta MRT
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) memberi masukan untuk desain kereta mass rapid transit (MRT). Menurutnya, desain kepala kereta saat ini kurang aerodinamis, ia bahkan menyebut desain kereta rel listrik (rolling stock) tersebut mirip jangkrik.

"Itu muka kepala keretanya kayak jangkrik. Untuk membutuhkan re-desain ini, kita akan undang pabriknya yaitu Nippon Sharyo dan Sumitomo pekan depan hari Jumat agar dijelaskan secara teknis mengenai muka daripada kepala kereta mock up (contoh) rolling stock," kata Sumarsono di Ruang Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/1) kepada Detikcom.


Desain MRT (image source: detikcom)

Penilaian ini tidak semata-mata dari dirinya saja namun juga dari berbagai komentar yang diterimanya, ia pun berharap perubahan ini tidak menggangu jadwal pengoperasian MRT yang ditargetkan selesai pada Maret 2019 mendatang.

"Teman-teman banyak yang komentar, kok bentuknya kurang bagus. Ya kalau nggak bisa total aerodinamis, paling minimum desain ulang, rekayasa ulang aerodinamisnya saja," terangnya.

Baca juga: Catat, TransJakarta dan MRT Hanya Jalan Sampai Jam 8 Malam Mulai Hari Ini

Sementara itu, Direktur PT MRT, William P. Sabandar mengungkapkan kalau pihaknya tidak keberatan jika kereta didesain ulang, pihaknya juga menampung masukan Soni dan mengupayakan penyelesaian proyek MRT agar tepat waktu.

"Februari 2019 (proyek MRT) harus tetap dipenuhi. Lalu biaya ditekan seminimal mungkin. Itu yang nanti akan kita bicarakan dengan pihak kontraktor dan produsernya. Kita akan pelajari isi kontraknya, seperti apa kewajiban yang harus dipenuhi kontraktor," ujar Wiliam.

Saat ini masih dalam proses desain awal dan batas waktu diberikan hingga akhir Januari 2017, sehingga belum diproduksi secara massal. "Mumpung dalam proses awal, kita lakukan. Jangan nanti kalau kereta sudah datang, baru publik mengatakan bukan sesuai dengan keinginannya," jelasnya.

Menurut William pihaknya akan mengupayakan pula permintaan yang menginginkan ornamen ala Betawi pada kereta MRT. "Nanti kita lihat lagi, kemarin kan Pak Gubernur instruksikan kepada kami untuk masukan ornamen itu," tutup Wiliam.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)