home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Banyak Keluhan Tentang 'Isi' Ceramah, Menteri Agama Usulkan Sertifikasi Khatib Shalat Jumat

Selasa, 31 Januari 2017 13:15 by tyassss | 1669 hits
Banyak Keluhan Tentang 'Isi' Ceramah, Menteri Agama Usulkan Sertifikasi Khatib Shalat Jumat
Image source: kemenag.go.id

DREAMERS.ID - Problematika tentang agama memang menjadi hal yang sensitif beberapa waktu ini. Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, bahkan banyak keluhan masyarakat yang merasa bahwa isi khotbah dalam shalat Jumat beberapa waktu belakangan bersifat mengejek kepada satu kelompok tertentu.

Untuk itu, melansir Kompas, Lukman mengusulkan program sertifikasi untuk penceramah khotbah Jumat. Saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senin (30/01), Lukman mengatakan, "Banyak sekali yang menyampaikan bahwa terkadang beberapa masjid, khatib (penceramah) lupa menyampaikan nasihat yang semestinya.”

“Kemudian isi khotbah malah mengejek bahkan menjelek-jelekkan suatu kelompok yang bertolak belakang dengan nasihat,” lanjutnya. Ia juga menyampaikan semestinya khotbah Jumat tidak berisikan hal-hal konfrontatif yang berpotensi menimbulkan disintegrasi bangsa.

Baca juga: Positif COVID-19, Menag Fachrul Razi: Siapapun Bisa Kena

Lukman mengaku bahwa ide sertifikasi ini pun muncul lantaran untuk mengingatkan kembali nilai penting dari khotbah Jumat yang semestinya untuk menjelaskan ajaran Islam yang benar. Namun, bukan berarti sertifikasi ini nantinya akan membatasi seseorang untuk berceramah pada saat shalat Jumat.

Tetapi berbanding terbalik dengan Menteri Agama, sejumlah anggota Komisi VIII DPR usulan sertifikasi ini dinilai tidak perlu dilakukan. Menurut Wakil Ketua Komisi VIII Sodik Mujahid, sertifikasi yang diusulkan terkesan provokatif dan malah berpotensi menuai keributan.

(tys/kompas)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)