home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Karyanya Dituduh Hasil Plagiat, Ini Penjelasan Panjang Penulis OST Drama 'Goblin'

Selasa, 31 Januari 2017 14:40 by muthiasp | 7833 hits
Karyanya Dituduh Hasil Plagiat, Ini Penjelasan Panjang Penulis OST Drama 'Goblin'
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Dibalik kepopuleran soundtrack dramaGoblin’ yang begitu dinikmati banyak orang, isu tidak menyenangkan menimpa dua lagu hitsnya. Lagu berjudul ‘Beautiful’ dan ‘Stay With Me’ yang ditulis oleh musisi Lee Seung Joo dianggap hasil plagiat karya musisi lain.

Meski dramanya sudah usai, namun isu ini belum reda lantaran dua lagu ikonik tersebut masih memuncaki sejumlah tangga lagu Korea. Untuk itu melalui akun media sosial pribadinya, Lee Seung Joo angkat bicara untuk meluruskan rumor yang terlanjur menyebar luas.

“Katanya lagu ‘Beautiful’ sangat mirip dengan ‘Quizas’ milik Enrique Iglesias karena terdapat bagian lagu dengan nada A dan C. ‘Quizas’ dimainkan sekitar 62 bpm (beat per minute), slow tempo, lagu ballad, dan kuncinya B♭. ‘Beautiful’ lagu yang dimainkan dengan 110 bpm dan medium tempo serta lagu R&B juga dengan kunci B♭”.

Masalahnya adalah kesamaan kunci, padahal kunci itu sangat lazim untuk penyanyi pria dan aliran progresif, sedangkan melodinya berbeda. Hal yang sama dijelaskan juga untuk lagu ‘Stay With Me’ yang diduga mirip dengan lagu ‘Faded’ Alan Walker, ‘All of Me’ John Legend, ‘Otherside’ Red Hot Chilli Pepper, dan lainnya, hanya karena miliki kesamaan kunci awal dan akhir lagu.

Baca juga: SEVENTEEN BSS, Crush, Hingga Heize Isi Soundtrack Drama 'Queen of Tears'

Lee Seung Joo menegaskan bahwa diantara lagu tersebut tidak ada satu bagian pun yang vokal melodinya sama atau identik, “Orang menuduhku plagiat karena menciptakan lagu dengan ‘mood’ yang sama. Seperti yang ku sebutkan, melodinya sangatlah berbeda”.

Ia juga menjelaskan bahwa lagu ‘Beautiful’ di episode awal adalah versi demo yang dinyanyikannya sendiri. Baru setelah itu dinyanyikan ulang dan dirilis versi Crush. Lee Seung Joo pun mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya bisa bekerja sama dengan drama fenomenal ‘Goblin’.

“Publik sudah memberikan banyak cinta dan apresiasi untuk drama dan karya ku, selamanya aku bersyukur. Meski beberapa orang memilih untuk menyebarkan dugaan salah dan rumor terkait karyaku. Ini adalah kejahatan serius dan termasuk pencemaran nama baik jadi aku akan mengambil langkah hukum kepada tuduhan tak berdasar kedepannya,” tutupnya.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BTS akan membuka pop up store bertajuk 'MONOCHROME' di berbagai negara untuk merayakan anniversary debut mereka yang ke 11!...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers darurat pada Kamis (25/4), Min Hee Jin menekankan bahwa dia tidak memiliki rencana untuk merebut hak manajemen, dengan mengatakan, “Saya seorang CEO yang digaji."...
  • HOT !
    Dalam konferensi pers yang digelar Kamis (25/4), Min Hee Jin membahas reaksi NewJeans di tengah perseteruannya dengan HYBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)