home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Donald Trump Pecat Jaksa Agung yang Menentang Larangan untuk Muslim

Selasa, 31 Januari 2017 17:20 by Dits | 2151 hits
Donald Trump Pecat Jaksa Agung yang Menentang Larangan untuk Muslim
image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Presiden Donald Trump secara resmi memberhentikan Jaksa Agung Sally Yates pada Senin (31/1) malam waktu setempat. Pemecatan tersebut terkait penolakan Yates atas perintah eksekutif Trump yang melarang pemberian visa bagi imigran dari tujuh negara Muslim (Muslim ban) yakni Iran, Irak, Suriah, Yaman, Somalia, Sudan, dan Libya.

Mengutip Daily Mail, Yates dituding sebagai penghianat karena memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tidak membela perintah eksekutif atau instruksi presiden soal keimigrasian yang terbilang kontroversial tersebut.

"Pelaksana tugas Jaksa Agung, Sally Yates, telah mengkhianati Departemen Kehakiman dengan menolak untuk menegakkan hukum yang dibuat untuk melindungi warga AS," tulis pernyataan Gedung Putih, seperti dirilis Agence France-Presse, Selasa (31/1).


image source: nytimes.com

Baca juga: Mantan Istri Donald Trump, Ivana Trump Meninggal Dunia

Setelah Yates dipecat, sosok Dana Boente langsung dilantik dan diambil sumpah sebagai pelaksana tugas Jaksa Agung. Boente lantas memerintahkan para jaksa di Departemen Kehakiman untuk tetap mendukung aturan keimigrasian yang telah diterapkan oleh Trump.

"Presiden Trump membebaskan Yates dari tugasnya dan kemudian mengangkat Dana Boente, jaksa AS di Distrik Timur Virginia, sebagai pelaksana tugas Jaksa Agung sampai Senator Jeff Sessions (kandidat Jaksa Agung) akhirnya disetujui Senat."

Sally Yates merupakan pejabat yang diangkat jelang Presiden Obama lengser dari kursi Presiden Amerika Serikat. Dengan tegas, Yates menjelaskan kalau dirinya tak yakin perintah eksekutif yang diterapkan Trump sesuai dengan hukum.

(dits/Kompas)

Komentar
  • HOT !
    Momen menarik terlihat di acara penetapan presiden terpilih di gedung KPU, Jakarta, Rabu (24/4) hari ini). Prabowo Subianto terlihat akan memeluk Anies Baswedan sambil mengguncang tubuh rival Pilpresnya itu setelah selesai berpidato....
  • HOT !
    Tragedi penembakan mematikan di gedung konser Moskow menelan sedikitnya 137 jiwa dan pihak Rusia bergerak cepat dengan berhasil menangkap empat orang dan mendakwa mereka. Kesemuanya didakwa melakukan Tindakan terorisme....
  • HOT !
    Badan anak anak di bawah naungan PBB, UNICEF mengatakan jika lebih dari 13.000 anak anak sudah meninggal dunia di Gaza selama serangan Israel. PBB juga menambahkan jika kini banyak anak anak yang menderita malnutrisi atau kekurangan gizi parah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)