home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Antisipasi Perkembangan Zaman, Jokowi Usul Jurusan Toko Online Ada di SMK dan Universitas

Kamis, 02 Februari 2017 18:00 by Dits | 1576 hits
Antisipasi Perkembangan Zaman, Jokowi Usul Jurusan Toko Online Ada di SMK dan Universitas
Image source: detik.com

DREAMERS.ID - Presiden Joko Widodo diundang dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia di JCC, Senayan, Jakarta pada Kamis (02/02). Dalam pidato pembukanya, pria yang akrab disapa Jokowi ini pun mengeluh akan jurusan pendidikan di SMK dan Universitas yang menurutnya tak ada perubahan yang signifikan untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.

"Maaf ini menjadi pemikiran kita bersama. Kenapa tidak ada jurusan logistik yang sangat dibutuhkan sekarang ini? Jurusan retail, jurusan khusus mengenai toko online, online store," kata Presiden Jokowi, mengutip Detikcom.

Menurutnya, jurusan di SMK maupun Universitas hanya terpaku pada jurusan yang itu-itu saja seperti jurusan listrik, bangunan, atau otomotif. Bagi Jokowi toko online telah menjadi tren baru masyarakat saat mereka berbelanja. 

Baca juga: Kata Gibran Rakabuming dan Sritex Terkait Sangkutan Korupsi Bansos

Terlebih lagi kini Alibaba menjadi salah satu logistic dan retail platform terbesar di dunia. Tentunya perubahan semacam ini tidak boleh luput dari dunia pendidikan. Jokowi lantas menghimbau perlu ada langkah bersama untuk mengantisipasi perubahan tersebut.

"Saya masih belum sampai berpikir juga bagaimana menyiapkan ini, yang namanya pasar tradisional itu akan bisa hilang karena adanya toko online, karena adanya online store, karena adanya negara-negara besar membangun logistik platform, retail platform yang kita sendiri tidak pernah mengantisipasi itu," terang Jokowi.

"Saya kira perguruan tinggi ini tugasnya melihat ke depan akan ada apa dan membisikkan kepada pemerintah, "Pak hati-hati mengenai logistik platform, mengenai retail platform, mengenai toko online, ini akan bisa menggerus pasar tradisional, akan menggerus toko-toko kita dan menggerus warung-warung kita. Persiapan kita apa?" tutup Jokowi.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)