home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Beredar 3 KTP Foto Sama Tapi Beda Data, Ini Klarifikasi Mendagri

Senin, 06 Februari 2017 10:20 by reinasoebisono | 1408 hits
Heboh Beredar 3 KTP Foto Sama Tapi Beda Data, Ini Klarifikasi Mendagri
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Jelang Pilkada serentak minggu depan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memperingatkan warga untuk berhati-hati dengan peredaran KTP palsu yang bisa dimanfaatkan sebagian oknum untuk kepentingan tak bertanggungjawab.

Terlebih, setelah adanya penemuan sejumlah KTP dengan foto yang sama namun isi data yang berbeda. Sontak masyarakat tresah karena kemungkinan adanya penggandaan data yang dimanfaatkan untuk hak suara pilkada nanti. Namun Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengklarifikasi hal tersebut.

“Berdasarkan hasil pelacakan Tim monitoring Pilkada Dirjen DukCapil, Ketiga foto ini #palsu karena menggunakan data milik orang lain," kata Tjahjo melalui akun Twitter-nya @tjahjo_kumolo.


Penemuan 3 KTP palsu (Detik)

Baca juga: Berbahaya, Jangan Berikan Foto Selfie dan KTP Sembarangan

Melansir Kompas, Mendagri juga memastikan jika KTP palsu tersebut bukanlah produk Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Pemalsuan itu diduga terkait pelaksanaan pilkada. Namun Mendagri menghimbau warga agar tetap datang ke TPS dan tidak khawatir karena bisa berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil pada hari pemilihan.

“Tgl 15 Februari saat Pilkada serentak, Dinas Dukcapil akan tetap buka untuk melayani masyarakat yang ingin cek NIK dan meminta Surat Keterangan pengganti KTP," bunyi cuitan akun @Kemendagri_RI.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)