home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dikirim dari Kamboja, Bea-Cukai Amankan Sejumlah E-KTP Palsu

Jumat, 10 Februari 2017 11:35 by tyassss | 1420 hits
Dikirim dari Kamboja, Bea-Cukai Amankan Sejumlah E-KTP Palsu
Image source: opini.id

DREAMERS.ID - Berada di era yang serba canggih, masyarakat juga nampaknya harus lebih berhati-hati dalam berbagai resiko yang ditimbulkan. Seperti halnya barang-barang yang kini banyak dibuat tiruannya alias palsu.

Dan lebih parahnya lagi, baru-baru ini petugas Bea dan Cukai menemukan adanya pengiriman sejumlah kartu tanda penduduk alias KTP palsu. Kementerian Dalam Negeri membenarkan ada pengiriman KTP berbasis elektronik (e-KTP) palsu tersebut dari Kamboja.

Kini KTP palsu itu telah diamankan oleh pihak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan, e-KTP palsu disimpan di sebuah kardus berukuran kecil. Namun, Zudan belum mengetahui jumlah e-KTP palsu yang diamankan tersebut.

Baca juga: Berbahaya, Jangan Berikan Foto Selfie dan KTP Sembarangan

Zudan juga mengatakan bahwa kasus ini sudah delik hukum sehingga akan segera dilimpahkan ke pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya, seperti dilansir dari CNN, Kamis (09/02). Dirjen Dukcapil Kemendagri akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk memverifikasi lebih lanjut kasus tersebut.

Kemendagri juga menyatakan jika kartu identitas tersebut tak bisa digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah 2017, walaupun detail e-KTP palsu itu belum diketahui. Saat inspeksi mendadak (sidak) di Direktorat Jenderal Bea Cukai, anggota Komisi II DPR Ahmad Baidowi mengatakan mereka juga menemukan 32 Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) palsu.

Atas penemuan tersebut Komisi II meminta agar dilakukan penyelidikan mendalam. "Dalam masa-masa mendekati Pilkada, kasus kiriman e-KTP ini rawan dikaitkan dengan persoalan politik yang cukup sensitif. Lebih jauh lagi, e-KTP tersebut juga rawan disalahgunakan," kata Baidowi dalam keterangannya kepada wartawan.

(tys/cnn indonesia)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)