home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada

Kamis, 16 Februari 2017 13:07 by muthiasp | 4430 hits
Pro-Kontra Perubahan Aturan 'Real-Time Chart' Situs Musik MelOn Hingga Soribada
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Baru-baru ini, MelOn, Bugs, Genie, Mnet, Soribada, Naver Music, dan Monkey3 yang menjadi situs musik populer K-Pop di Korea Selatan, memutuskan untuk mengubah aturan perhitungan real-time charts, yang menurut Kementerian Kebudayaan membuat persaingan kurang sehat.

Bukan tengah malam lagi, aturan baru menyatakan bahwa hanya lagu yang rilis pada jam 12 siang – 6 sore lah yang bisa masuk real-time charts. Rilis lewat dari jam yang sudah ditentukan baru bisa masuk ke tangga lagu pukul 1 siang keesokan harinya.

Sayangnya, keputusan tersebut mendapatkan protes dari sejumlah penggemar idola K-Pop lewat tagar #MusicChart_ReformProtest yang trending di Korea. Mereka menolak perubahan ini yang dianggap seperti menyalahkan mereka.

“Siapa yang menikmati musik secara legal kalau bukan fans idola K-Pop, siapa yang beli hak streaming setiap bulan dan mengunduh musik (dari situs musik Korea)? Situs musik membuat five-minute charts dan grafik dan lainnya, dan sekarang mereka mengambil langkah melawan fans. Kenapa tidak kau salahkan semua orang yang tidak mendengarkan musik di tengah malam?”

Beberapa sumber insider dunia hiburan Korea juga ragu dengan perubahan ini. Salah satu sumber mengatakan bahwa dengan menghapus aturan perilisan tengah malam belum pasti efektif, apalagi untuk mencegah sajaegi. Sementara yang lain mengusulkan lebih baik membuat kriteria yang transparan.

Baca juga: Sederet Rekor yang Berhasil Dipecahkan BTS dengan Album Baru 'Map of the Soul: 7'

“Jika mereka ingin membuat tangga musik yang adil, mereka harus lebih dahulu membuat kriteria transparan untuk tangga lagu. Mereka akan lebih baik menyingkirkan semua grafik real-time charts dan sisakan saja tangga lagu harian dan minggun, atau keseluruhan”.

Hmm.. bagaimana menurut kalian, Dreamers?

Artikel Terkait:

Agar Persaingan Lebih Adil, MelOn Hingga Mnet Resmi Ubah Aturan Perhitungan Chart

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Kep1er akan dibubarkan sesuai jadwal pada bulan Juli mendatang setelah diskusi perpanjangan kontrak masing masing anggota tidak menemui titik tengah....
  • HOT !
    Dispatch telah mengungkapkan bagaimana Min Hee Jin mengambil alih NewJeans dan membentuk ADOR dalam laporan eksklusifnya pada 24 April....
  • HOT !
    Komedian Jo Se Ho mengumumkan rencana pernikahannya yang akan datang! Dalam video yang dirilis eksklusif oleh 'You Quiz', terungkap bahwa Jo Se Ho akan menikah pada bulan Oktober tahun ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)