Dua handset andalan BlackBerry 10 diprediksi belum mampu berbicara banyak di Indonesia dan India. Pasalnya kedua negara tersebut masuk dalam beberapa negara berkembang yang menjadi pasar potensial bagi BlackBerry.
Menurut analis dari biro riset IDC Asia, BlackBerry seharusnya segera menjual produknya BB10 dengan murah agar mampu memenangkan persaingan di kedua negara Asia tersebut. Pasalnya BlackBerry Z10 dan Q10 mungkin dijual di atas Rp 6 juta, akan sulit merebut pasar di Indonesia.
“Sudah jelas bahwa India dan Indonesia tidak hanya salah satu pasar terbesar tetapi dalam hal pertumbuhan smartphone di masa depan, kedua negara itu adalah pasar paling potensial,” ungkap Melissa Chau, Senior Research Manager at Technology Research Group IDC di Singapura.
“Tapi dua perangkat yang telah diluncurkan tidak selaras dengan kebutuhan dari kedua pasar tersebut,” tuturnya seperti dilansir dari Chicago Tribune.
Baca juga: Wah, Kini Google Play Store Ada di BlackBerry 10
Sementara itu, data dari IDC menunjukkan bahwa Indonesia adalah pasar BlackBerry terbesar di luar Amerika Serikat dan Inggris tahun 2012 lalu. Sementara India menempati posisi kesembilan.BlackBerry bukannya tanpa rencana meluncurkan BB 10 dengan harga lebih terjangkau. Seperti dikatakan Chief Marketing Officer BlackBerry Frank Boulben, pihaknya mempersiapkan portofolio perangkat BlackBerry 10 yang lebih komplet. Mulai dari kelas high end sampai entry level dengan harga lebih miring.
Namun, eksekutif asal Prancis ini memang tak menyebut dengan pasti kapan tanggal kelahiran BlackBerry 10 versi murah tersebut. Namun ia menegaskan bahwa saat ini tim R&D BlackBerry juga terus berpacu dengan waktu untuk melepas perangkat baru ke pasaran.