home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Transformasi 'Kulit Hitam' Jadi Kontroversi, Ini Respon MAMAMOO dan Agensi

Sabtu, 04 Maret 2017 19:00 by tyassss | 4278 hits
Transformasi 'Kulit Hitam' Jadi Kontroversi, Ini Respon MAMAMOO dan Agensi
Image source: twitter.com

DREAMERS.ID - SARA memang cukup menjadi persoalan yang sensitif bagi warga Korea Selatan. Dan lagi-lagi kontroversi mengenai SARA menimpa salah satu artis artis mereka yaitu girl group MAMAMOO, karena merubah penampilannya menjadi orang berkulit hitam dalam video konsernya.

Kontroversi ini diawali pada saat MAMAMOO menampilkan sebuah video parodi dari Mark Ronson dan Bruno Mars di lagu ‘Uptown Funk’ saat konser. Di video tersebut menunjukan para member pelantun ‘Decalcomanie’ ini berpenampilan dan mengenakan pakaian yang sama seperti artis tersebut.


Image source: twitter.com

Namun, banyak penggemar yang menjadi kecewa dan marah ketika melihat video tersebut karena para membernya juga mengubah penampilan menjadi blackface atau wajah orang yang berkulit hitam. Persoalan ini pun menjadi topik yang ramai dibicarakan di dunia maya.

Untuk itu, pihak yang bersangkutan baik agensi, RBW Inc. maupun MAMAMOO sendiri langsung meminta maaf atas kejadian ini. RBW mengatakan bahwa parodi dari lagu yang populer tersebut sebenarnya ditujukan untuk menunjukkan sisi yang berbeda dari MAMAMOO.

Baca juga: Moonbyul MAMAMOO Rilis MV Vertikal untuk Lagu Pra-rilis 'Think About'

Tetapi, video tersebut justru disalahpahami sebagai pelecehan bagi orang keturunan Afrika-Amerika, dan menjadi kontroversi. "Kami mohon maaf atas merilis video kontroversial dan kami akan memperhatikan bahkan terkecil rincian [dari sekarang]. Kami mohon maaf sekali lagi," pinta RBW.

Begitu juga dengan MAMAMOO, yang mengaku sangat menyesal atas hal sensitif ini dengan menggunakan blackface sebagai gambaran dari Bruno Mars. “Kami mencintai dan peduli begitu banyak untuk semua orang dari setiap ras, seksualitas, agama, dan gender. Kami mencintai semua fans kami dan sangat menyesal telah menyakiti fans kami di masyarakat kulit hitam,” lanjut MAMAMOO.

Di sisi lain, MAMAMOO juga berterima kasih kepada fans karena telah mengingatkan kesalahan yang telah dibuat mereka dan berjanji hal seperti ini tidak akan terulang lagi. Sementara, video parodi tidak akan ditampilkan lagi untuk di jadwal konser MAMAMOO selanjutnya.

(tys)

Komentar
  • HOT !
    BTS dan UNICEF mengumumkan inisiatif #OnMyMind, yang merupakan bagian kedua dari kampanye LOVE MYSELF mereka. Inisiatif baru ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan mental remaja di seluruh dunia....
  • HOT !
    Doyoung menjadi anggota NCT selanjutnya yang resmi debut solo dengan merilis album pertama YOUTH pada 22 April pukul 6 sore KST, beserta lagu utama Little Light dan video musiknya....
  • HOT !
    Ji Chang Wook akan kembali ke Indonesia setelah dua tahun. Dia dikonfirmasi akan menggelar fansign di Jakarta....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)