home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Park Geun Hye Resmi Dicopot dari Jabatan Presiden Korea Selatan

Jumat, 10 Maret 2017 10:00 by muthiasp | 1818 hits
Park Geun Hye Resmi Dicopot dari Jabatan Presiden Korea Selatan
Image source: Star Seoul TV

DREAMERS.ID - Jumat pagi ini (10/03), Mahkamah Konstitusi Korea Selatan menggelar sidang pemakzulan atau pelengseran Park Geun Hye dari jabatan presiden, setelah lebih dari tiga bulan skandal penyalahgunaan kekuasaan menjurus korupsi dihadapi oleh negeri ginseng tersebut.

Atas tindakan konspirasi dengan teman dekatnya Choi Soon Sil, pada 9 November 2016 lalu, parlemen Korea Selatan sudah lebih dahulu memutuskan untuk melengserkan Park Geun Hye dari jabatannya, yang akhirnya didukung sekaligus disahkan oleh Mahkamah Konstitusi hari ini (10/03).

Dilansir dari Yonhap News, Park Geun Hye secara resmi lengser dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Korea Selatan. Keputusan tersebut diumumkan oleh Ketua Hakim Konstitusi Lee Jung Mi melalui pengadilan yang disiarkan langsung oleh sejumlah televisi.

Baca juga: Total Sudah 33 Tahun, Jaksa Minta Hukuman Penjara Mantan Presiden Park Geun Hye Ditambah

“Park Geun Hye telah dicopot. Tindakannya telah merusak semangat demokrasi. Kesalahannya adalah pelanggaran berat terhadap hukum yang tidak dapat ditoleransi” ujarnya, mengutip Reuters.

Dengan begitu, wanita berusia 65 tahun ini menjadi presiden terpilih pertama yang dilengserkan sepanjang sejarah Korea Selatan. Sesuai dengan ketentuan Korea Selatan, pemilihan presiden untuk menggantikan posisinya akan segera diselenggarakan 60 hari pasca keputusan ini dibuat.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)