home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Untung atau Rugi, Intip Detil Pendapatan Agensi Hiburan Besar di Korea Selatan Selama 2016

Jumat, 17 Maret 2017 15:50 by muthiasp | 2687 hits
Untung atau Rugi, Intip Detil Pendapatan Agensi Hiburan Besar di Korea Selatan Selama 2016
Image source: dreamers.id

DREAMERS.ID - Empat agensi idola K-Pop ternama di Korea, SM Ent, YG Ent, JYP Ent, dan FNC Ent baru-baru ini merilis jumlah pendapatan mereka selama tahun 2016 lalu. Terlihat adanya penurunan dan penaikan yang disebabkan oleh kegiatan para artis mereka.

Berdasarkan data dari Financial Supervisory System terlihat data pergerakan dari pendapatan, laba usaha, dan laba bersih keempat agensi tersebut. Pendapatan dihitung berdasarkan jumlah yang didapat dari penjualan tiket konser, penampilan, dan keseluruhan penjualan. Laba usaha dihitung dari pendapatan dikurangi biaya produksi, artis, dan banyak lagi.

Sedangkan laba bersih dilihat dari keuntungan usaha dikurangi pajak. SM Entertainment dilaporkan meraih pendapatan meningkat 7,51 persen dari tahun 2015 menyentuh lebih dari 4 triliun rupiah, namun laba usaha turun menjadi sekitar 241 miliar rupiah, laba bersih hampir 50 miliar rupiah, “Laba usaha kami turun dari dugaan karena absennya TVXQ dan Super Junior yang sedang wamil,” ujar perwakilan SM.

Baca juga: Deretan Idol K-Pop yang Punya Agensi Sendiri

YG Entertainment meraih pendapatan terbesar sepanjang sejarahnya naik 66,6 persen dari tahun 2015 sebesar 3.7 triliun rupiah, laba usaha lebih dari SM Entertainment sekitar 370 miliar lebih, dan laba bersih hampir 163 miliar rupiah, “Penjualan di luar negeri kami meningkat seiring dengan kegiatan artis kita di sejumlah negara. Meskipun laba bersih turun 41 persen karena besarnya pajak promosi di luar negeri”.

Sedangkan, FNC Entertainment yang sempat terkena skandal pemalsuan saham justru mengalami kerugian mencatatkan pendapatan 1 triliun rupiah, dengan defisit laba usaha sebesar 29 miliar rupiah, dan defisit laba bersih 71 miliar rupiah. Kerugian ini dikaitkan dengan perluasan bisnis yang dilakukannya pada 2016 lalu.

Sementara itu JYP Entertainment meraih untung yang cukup banyak sepanjang sejarahnya. Mulai dari pendapatan yang masuk 857 miliar rupiah, laba usaha 160 miliar rupiah, hingga laba bersihnya meningkat dua kali lipat dari tahun 2015 yakni mencapai 98 miliar rupiah, “Penjualan album baru artis kami, fisik dan digital, sekaligus tiket konser di luar negeri dan pernak pernik meningkat,” ujar perwakilan JYP.

(mth/Koreaboo)

Komentar
  • HOT !
    Weverse Con Festival 2024 yang diselenggarakan oleh platform komunitas penggemar Weverse dan HYBE, telah mengumunkan lineup lengkapnya! Sebanyak 24 artis K pop akan tampil di Inspire Entertainment Resort dari tanggal 15 hingga 16 Juni....
  • HOT !
    Girl grup PURPLE KISS secara resmi mengumumkan rencana mereka untuk menggelar tur konser bertajuk BXX mulai pertengahan tahun ini di 18 kota yang telah dikonfirmasi....
  • HOT !
    Tim produksi The Fiery Priest 2 sebelumnya telah mengumumkan bahwa Kim Nam Gil, Honey Lee dan Kim Sung Kyun kembali membintangi drama tersebut, bersama BIBI. Aktor Sung Joon juga dikonfirmasi bergabung....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)