home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dilindungi Kaca Anti Peluru, Koin Emas Raksasa Senilai Rp 53 Miliar Dicuri dari Museum

Rabu, 29 Maret 2017 15:10 by reinasoebisono | 1250 hits
Dilindungi Kaca Anti Peluru, Koin Emas Raksasa Senilai Rp 53 Miliar Dicuri dari Museum
Image source: abc11.com

DREAMERS.ID - Tak hanya barang bersejarah yang memiliki nilai fantastis, namun kandungan dalam sebuah benda yang memang sengaja dibuat bisa menjadikannya bernilai sangat tinggi hingga memancing pencuri beraksi. Itulah yang terjadi baru-baru ini di sebuah museum di Berlin, Jerman.

Sebuah koin emas besar dicuri dari Museum Bode, Jerman pada Minggu malam (26/3). Dikatakan besar karena memang berukuran lebar 35 cm dan ketebalan 3 cm. Koin raksasa ini terbuat dari emas dan memiliki berat 100 kilogram.

Tak main-main, koin yang raib tak berbekas ini berhasil masuk Guinness Book of Records karena kemurnian emasnya. Dikenal sebagai Big Maple Leaf, koin fenomenal ini dicetak oleh Royal Canadian Mint pada tahun 2007.


Image source: Sydney Morning Herald

Koin super besar ini diduga meningkat nilainya karena tercetak wajah Ratu Elizabeth II dan membuat sekelompok pencuri menggasaknya melalui jendela museum yang diduga dipecahkan, melansir CNN. Namun pihak keamanan maupun museum belum bisa memberi informasi detail soal penyebab bisa terjadinya pencurian, mulai dari sistem keamanan hinggal alarm museum.

“Koin tersebut diberi pengamanan kaca tahan peluru di dalam gedung Museum. Hanya itu yang bisa saya sampaikan,” tutur juru bicara kepolisian Winfrid Wenzel. Koin itu sendiri ditaksir bernilai 3.7 juta Euro via CNN, setara dengan Rp 53 miliar.

Melansir laman Sydney Morning Herald, Museum Bode sendiri memang terkenal karena memiliki koleksi berharga sepeerti emas, termasuk koin terbesar di dunia. Sedangkan isi dari museum ditaksir memiliki sekitar 540.000 buah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)