home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beberapa Bagian Tubuh Ini 'Haram' Disentuh dengan Tangan Secara Langsung, Kenapa?

Kamis, 30 Maret 2017 19:35 by fzhchyn | 21975 hits
Beberapa Bagian Tubuh Ini 'Haram' Disentuh dengan Tangan Secara Langsung, Kenapa?
Image source: RocketNews24

DREAMERS.ID - Tubuh diibaratkan sebagai tempat suci yang hanya bisa digunakan oleh diri sendiri, namun tetap ada titik-titik sakral yang seharusnya tidak boleh disentuh langsung oleh tangan yang kotor. Karena menurut sebuah penelitian, tangan memainkan peran utama dalam penularan kuman.

Bahkan setelah mencuci tangan dengan benar, tangan dan jari dapat dengan cepat kembali terkontaminasi dari lingkungan sekitar, apalagi jika memiliki kuku yang panjang. Nah melansir laman  Prevention, berikut adalah beberapa bagian tubuh yang sebisa mungkin dijauhkan dari sentuhan tangan langsung.

1. Lubang telinga

Memasukkan jari atau benda lain ke lubang telinga sebaiknya jangan dilakukan karena bisa merobek lapisan tipis di saluran telinga. Jika telinga terasa sangat gatal, jangan memaksakan jari atau alat lainnya untuk menghilangkan rasa gatal. Sebaiknya pergi ke dokter THT untuk melihat masalahnya dan mendapat penanganan yang sesuai.

2. Wajah

Saat mencuci muka atau memakaikan produk perawatan wajah ke muka, kamu masih bisa menggunakan tangan bagian jari-jari. Namun pastikan untuk tidak menggunakan bagian telapak tangan karena permukaannya penuh kuman.

3. Mata

Selain pada saat memakai lensa kontak atau membersihkan kotoran mata, sebaiknya jangan menyentuh bagian mata secara langsung dengan tangan atau jari-jari. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir menularnya kuman di tangan ke mata.

4. Mulut

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Tanpa disadari kebiasaan memasukkan atau menyentuh bagian mulut dengan tangan ini banyak dilakukan oleh orang. Dan tanpa disadari pula hal itu membuat kuman di tangan lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

5. Bagian dalam hidung

Saat membersihkan bagian dalam hidung dengan jari, sebanyak 51% kemungkinan hal itu akan membawa bakteri Staphylococcus aureus di hidung.

6. Kulit di bawah kuku

Banyak bakteri yang bersarang di kulit bawah kuku, termasuk bakteri Staph. Untuk mengurang bakteri di sana, rajinlah memotong kuku dan bersihkan secara rutin dengan menggosoknya dengan sikat halus untuk menghilangkan bakteri.

-----

Yuk, datang ke acara tahunan terbesar Dreamers.id, Dreamers Festival 2017, 1 April di Piazza Gandaria City, Jakarta Selatan! Menghadirkan penampilan dari Sheryl Sheinafia, Kevin and the Red Rose, 5Romeo, ICONS, Kandara, Stereo June, Zolder  dan masih banyak lagi.

Dreamers Festival 2017 juga akan diramaikan dengan Cover Dance dan Singing Cover, Fanbase Awards, Nobar Fanbase, Fashion Show by HijabKeren, Doorprize, dan lainnya. Untuk bisa mengikuti Doorprize, yuk daftarkan dirimu di www.dreamers.id/df2017. Acara ini GRATIS!

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)