home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Malaysia Puncaki Negara dengan Infrastruktur Transportasi Terbaik di ASEAN, Bagaimana Indonesia?

Rabu, 05 April 2017 16:00 by reinasoebisono | 2443 hits
Malaysia Puncaki Negara dengan Infrastruktur Transportasi Terbaik di ASEAN, Bagaimana Indonesia?
Image source: Poskota News

DREAMERS.ID - Salah satu ukuran sebuah negara lebih baik tentu dengan kebahagiaan warganya. Pun, salah satu yang membuat warga bahagia adalah adanya fasilitas publik yang baik, khususnya transportasi massal. Sebuah lembaga yang berada di bawah harian internasional Financial Times pun merilis hasil negara dengan fasilitas infrastruktur transportasi terbaik.

Lembaga riset FT Confidential Research mengumumkan negeri tetangga Malaysia menjadi negara dengan transportasi publik terbaik di ASEAN. Perlu diketahui, anggota negara ASEAN selain Malaysia dan Indonesia adalah Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja.

Serta ada negara perluasan keanggotaan seperti Bangladesh, Palau, Papua Nugini, Taiwan dan Timor Leste. Dalam hal ini Malaysia menunjukkan keseriusannya dengan meningkatkan anggaran transportasi sebesar 0,7 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Melansir Liputan6, Najib Razak sang Perdana Menteri memang pernah mengatakan jika transportasi adalah prioritas utama Malaysia. Salah satu proyek yang sedang dibangun adalah sistem perkeretaapian tanpa masinis yang menghubungkan wilayah Utara dengan Barat.

Baca juga: Dua Negara Ini Resmi Tarik Satu Varian Indomie, Apa Kabar Indonesia?

Menariknya, orang Malaysia rata-rata lebih sedikit menghabiskan uang sehari-hari untuk transportasi umum ketimbang negara lain yang berada di urutan lebih rendah dalam hal infrastruktur transportasi.

Contohnya, warga Malaysia rata-rata menghabiskan US$ 12 per hari (Rp 160 ribu) untuk transportasi, dibandingkan warga Thailand yang menghabiskan US$ 15 per hari (Rp 200 ribu) serta Vietnam dan Filipina di angka US$ 20.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Negara kita menempati posisi ketiga dengan infrastruktur transportasi terbaik di ASEAN. Berada di bawah Malaysia dan Thailand dengan rata-rata menghabiskan US$ 20 per hari (Rp 266 ribu).

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)