home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Heboh Komik Marvel Garapan Orang Indonesia Selipkan Al-Maidah 51 dan Aksi 212!

Senin, 10 April 2017 14:33 by reinasoebisono | 1895 hits
Heboh Komik Marvel Garapan Orang Indonesia Selipkan Al-Maidah 51 dan Aksi 212!
Image source: Gizmodo

DREAMERS.ID - Pecinta komik Marvel dihebohkan oleh kemunculan salah satu pesan super sensitif di kalangan Indonesia, bahkan jadi perhatian dunia. Muncul pro dan kontra, pertama kali isu agama yang sedang heboh ini muncul di situs Reddit.

Netizen menginformasikan adanya simbol tak biasa dalam satu sketsa komik ‘X-Men Gold #1’ yang kebetulan digarap oleh ilustrator asal Indonesia, Ardian Syaf. Terdapat angka 212 di papan semacam toko, melansir CNN.

Tak hanya itu, di salah satu kaos yang dipakai oleh karakter Colossaus, terdapat tulisan QS 5:51. Tentu hal ini familiar untuk warga Indonesia. Angka 212 merujuk pada aksi protes besar-besaran 2 Desember 2016 lalu yang menuntut proses hukum atas Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap menista agama.

Kebetulan, gubernur yang biasa dipanggil Ahok itu menyitir salah satu ayat Al-Quran, yaitu Surat Al-Maidah ayat 51. Dalam Al-Quran, Al-Maidah adalah surat kelima sehingga biasa ditulis QS (Quran Surah) 5:51.

Hal ini pun langsung menimbulkan reaksi di dunia maya, terutama oleh co-creator Ms. Marvel, G.Willow Wilson. Kebetulan pula, Ms. Marvel adalah karakter komik beragama Islam bernama asli Kamala Khan.

Baca juga: China Cabut Larangan Film Marvel

"Saya begitu merasakan marah mendalam minggu ini. Bahwa saya sekarang akan membahas tafsir Alquran. Jadi, Anda tahu ini untuk peringatan,"  tulis Wilson yang juga mengungkapkan jika pembaca kadang menginterpretasi terjemahan ke bahasa lokal.

"Ayat ini memang benar-benar fantastis di era modern. Maknanya tergantung pada siapa pun yang menerjemahkan ayat tersebut. Perlu diingat 75 persen dari masyarakat Muslim adalah non-penutur bahasa Arab, aku salah satu dari mereka, sebagian besar yang mengerti bahasa Arab melakukan shalat lima waktu ditambah dengan pengetahuan agama.” Tutur Wilson.

Wilson menyayangkan keputusan Ardian yang seorang diri memberi bumbu agama dengan mengaitkan isu sensitif di Indonesia. Menurutnya, hal ini akan berdampak pada sesama pelaku komik beragama Muslim di Amerika.

Menanggapi hal tersebut, pihak Marvel pun mengonfirmasi jika sisipan pesan itu tidak mencerminkan cara pendang penulis, editor atau siapa pun dalam Marvel. Dan simbol tersebut akan segera ditarik dari cetakan dan versi digital selanjutnya.

(rei/image: Gizmodo)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)