home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tertinggi di Asia Tenggara, Ini Alasan Kekuatan Militer Indonesia Juga Mampu Kalahkan Korea Utara

Rabu, 19 April 2017 22:00 by reinasoebisono | 3961 hits
Tertinggi di Asia Tenggara, Ini Alasan Kekuatan Militer Indonesia Juga Mampu Kalahkan Korea Utara
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Pada Selasa (18/4), Global Firepower (GFP) melaporkan negara-negara yang memiliki kekuatan militer terbesar di dunia. Penilaian tersebut datang dari beberapa aspek, dan negara Indonesia masuk ke dalam daftar teratas.

Terdiri dari 126 negara, perlu diingat jika penentuan peringkat ini tidak menyertakan ketersediaan senjata nuklir. Hal ini didasari oleh alasan karena persenjataan nuklir dirahasiakan secara ketat oleh negara-negara pemiliknya.

Pertimbangan lain juga tidak semata karena jumlah senjata yang dimiliki, namun keberagaman senjata sebuah negara juga jadi penilaian. Melansir Liputan6, inilah peringkat kekuatan militer paling digdaya sedunia versi GFP:

1. Amerika Serikat
2. Rusia
3. China
4. India
5. Perancis
6. Inggris (UK)
7. Jepang
8. Turki
9. Jerman
10. Italia

Baca juga: Angkatan Militer Korsel Luncurkan Menu Makanan Khusus Tentara Muslim

11. South Korea
12. Mesir
13. Pakistan
14. Indonesia
15. Brazil

Korea Utara berada di urutan ke-25 secara keseluruhan. Sedangkan di Asia Tenggara, Indonesia menduduki peringkat pertama mengalahkan 9 negara anggota lainnya. Ternyata, ada beberapa faktor yang menjadi penilaian tersebut.

Memang benar bahwa faktor geografi, keluwesan logistik, sumber daya alam, dan pengaruh industri berdampak pada hasil akhir peringkat. Namun, jumlah penduduk menjadi pertimbangan kunci. Dengan kata lain, negara dengan penduduk banyak cenderung meraih peringkat atas.

Karena keseluruhan populasi jadi titik awal pertimbangan soal tenaga kerja, ketersediaan manusia untuk militer, serta kelayakan berdinas militer. Secara teori, negara dengan jumlah penduduk besar lebih unggul dalam menyediakan manusia untuk bertempur. Pada akhirnya, peperangan memang bergantung pada sumber daya manusia.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)