home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Identik Bikin Rematik, Begini Cara Mandi Saat Malam Hari yang Menyehatkan

Senin, 24 April 2017 10:30 by fzhchyn | 3278 hits
Identik Bikin Rematik, Begini Cara Mandi Saat Malam Hari yang Menyehatkan
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Mandi memang tak hanya berguna untuk membersihkan tubuh, tapi kegiatan yang wajib dilakukan setiap hari ini menyimpan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Mandi di pagi hari memiliki berbagai manfaat seperti menyegarkan tubuh, meningkatkan kreativitas, menstimulasi sistem imun, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Tapi sebaliknya, mandi di malam hari sering disebut dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama rematik. Beberapa orang tua bahkan memiliki anggapan kuno, yakni mandi malam itu pamali untuk dilakukan.

Namun, tahukah kamu jika mandi air hangat pada malam hari memiliki sederet manfaat yang baik untuk tubuh? Salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur. “Yang penting jangan dilakukan tepat sebelum tidur,” ujar Dr Dianne Augelli selaku ahli pada pusat pengobatan tidur di New York, Amerika Serikat. Hal tersebut disebabkan oleh suhu tubuh yang berperan besar dalam kualitas tidur.

Suhu tubuh yang tinggi mempengaruhi ritme sirkadian, yakni proses biologis yang mengatur keseimbangan bangun atau tidurnya tubuh. Pada siang hari, suhu tubuh secara alami meningkat dan perlahan-lahan turun seiring dengan datangnya malam. “Tubuh yang mendingin mengirimkan sinyal bahwa kita harus tidur,” kata Dr Augelli. Maka itu, merusak siklus dengan mandi air hangat tepat sebelum tidur dapat mengganggu waktu tidur.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Dia menganjurkan untuk mandi malam jauh sebelum waktu tidur. Mandi awal pada malam hari dapat memberi kesempatan pada tubuh untuk mendingin kembali, sehingga menyebabkan rasa kantuk. Beberapa penelitian telah membuktikan mandi air hangat dan membiarkan tubuh mendingin dengan sendirinya, dapat meningkatkan rasa kantuk dan kualitas tidur.

Peneliti tidur Shelby Harris menyarankan untuk mandi air hangat satu setengah jam (90 menit) sebelum tidur. Dengan demikian, ketika hendak tidur, tubuh akan mendingin dan mengantuk dengan sendirinya.

Selain mandi, membersihkan muka juga sebaiknya dilakukan sebelum tidur. Menurut National Sleep Foundation, mencuci muka sebelum tidur dapat membersihkan kulit dengan sempurna, mencegah jerawat, serta keriput dini. Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk menggunakan pelembap dan krim malam untuk hasil maksimal.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)