home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Penyebab dan Solusi Menteri Rini untuk Perusahaan BUMN yang Merugi Hingga 3 Triliun

Senin, 01 Mei 2017 15:40 by reinasoebisono | 1573 hits
Ini Penyebab dan Solusi Menteri Rini untuk Perusahaan BUMN yang Merugi Hingga 3 Triliun
Image source: Tempo

DREAMERS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Sumarno mengungkapkan banyaknya perusahaan yang merugi serta menyebabkan kerugian yang banyak pula. Catatan perusahaan dan jumlah kerugian itu didapat dari triwulan pertama 2017.

Dikutip dari laman Tribunnews, tercatat ada 25 perusahaan yang memberi total nilai kerugian hingga Rp 3 triliun. Yang terbesar menyumbang kerugian adalah Perum Bulog dengan nilai Rp 913 miliar atau hampir 1 triliun.

Perusahaan lain yang merugi adalah Krakatau Steel, Merpati Nusantara Airlines, dan Perum Produksi Film Negara. Hal ini membuat Menteri Rini memberikan fokus ekstra untuk menekan kerugian.

Baca juga: Waktu Yang Dimiliki Ahok Untuk Ungkap 142 Anak Perusahaan Pertamina Pada Menteri Erick Thohir

Menurutnya, yang jadi penyebab banyaknya perusahaan merugi karena banyak yang memiliki holding atau dalam kata lain memiliki anak-anak perusahaan. Contohnya adalah PT. KAI, DAMRI, Garuda dan Angkasa Pura yang sama-sama punya anak perusahaan bergerak di logistik kargo.

"Seringkali, aktivitas anak perusahaan antara satu perusahaan BUMN dengan BUMN yang lain, itu sama," katanya. Karena itu, solusi yang diberikan Menteri Rini adalah kegiatan efisiensi, salah satunya adalah merger.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)