home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korea Selatan Izinkan Warganya Unggah Selfie Bareng Capres Pilihan Saat Pemilu

Rabu, 03 Mei 2017 22:00 by muthiasp | 1360 hits
Korea Selatan Izinkan Warganya Unggah Selfie Bareng Capres Pilihan Saat Pemilu
Image source: KoreaExpose

DREAMERS.ID - Usai Park Geun Hye resmi dilengserkan dari kursi presiden pada pertengahan Maret lalu, warga Korea Selatan kini sedang bersiap untuk kembali memilih pemimpin nomor satunya itu. Terdapat aturan baru ‘kekinian’ yang diberlakukan pada pemilu kali ini.

Dilansir dari laman outlet berita Chosun Ilbo, para pemilih akan diizinkan untuk mengunggah foto selfie yang menunjukkan kandidat pilihannya ke dunia maya setelah memberikan suara mereka pada pemilihan umum presiden tanggal 9 Mei mendatang. Meski begitu, berfoto di bilik suara tetap dilarang.

Para pemilih bahkan juga bisa memposting foto diri dengan lengan disilangkan di depan poster kandidat yang tidak dipilihnya. Keputusan tersebut didasarkan pada perubahan dalam Undang-Undang Pemilihan di bulan Februari lalu, yang mana juga memungkinkan bagi warga Korea di luar negeri untuk mengikuti pemilihan presiden kali ini.

Baca juga: Bakal ‘Lawan’ Negaranya Sendiri, Ini 3 Pemain Timnas Korsel yang Kata STY Paling Berbahaya

Selain itu, durasi pemungutan suara juga akan diperpanjang dua jam hingga pukul 8 malam, seperti pemilihan umum lainnya karena masa jabatan presiden terakhir selesai sebelum waktunya. Pilpres Mei 2017 ini pun sekaligus menjadi pemilu pertama yang mengiizinkan pemungutan suara pada waktu dini hari.

Kabarnya, para calon presiden bahkan masih diizinkan untuk merayu pemilih melalui media sosial maupun pesan teks pada hari pemilu dilaksanakan. Sementara itu, TPS (Tempat Pemungutan Suara) juga akan dibangun di tempat umum seperti Bandara Incheon dan Stasiun Seoul, untuk memudahkan pemilih.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)