home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makna Mendalam dari Baju Batik Ahok di Sidang Vonis Penodaan Agama

Kamis, 11 Mei 2017 13:40 by Dits | 2738 hits
Makna Mendalam dari Baju Batik Ahok di Sidang Vonis Penodaan Agama
image source: Liputan6.com

DREAMERS.ID -Baju batik berlengan panjang yang dikenakan oleh terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat sidang vonis kasus penodaan agama menjadi perbincangan di sosial media. Seorang netizen dengan akun @fiorenza_nad memposting foto ahok saat mengenakan batik biru putih tersebut pada Rabu (10/5).

Dalam postingannya, ia mengatakan kalau batik yang dipakai Ahok adalah batik motif Sang Seng yang dulu dikenakan orang-orang China saat tengah dalam keadaan berkabung. Benarkah?


image source: twitter.com/fiorenza_nad

Dalam keterangan yang diterima dari Pakar batik Indra Tjahjani diketahui kalau penjelasan @fiorenza_nad adalah benar. Batik yang kala itu dikenakan Ahok dalam sidang vonis disebut juga dengan batik Kelengan.

Menurutnya, batik tersebut punya proses pewarnaan yang sederhana yaitu menutup permukaan kain dengan malam menurut motif yang diinginkan. Proses selanjutnya dicelup dengan pewarna batik. Batik kelengan yang banyak dibuat di Pekalongan ini punya dua warna dengan warna putih sebagai warna dasar kain.

Baca juga: Fakta-fakta Nicholas Sean, Putra Sulung Ahok yang Dilaporkan Atas Penganiayaan

"Kalau dalam proses membatik, kalau dibironi atau diberi warna biru namanya kelengan," tutur Indra saat dihubungi Kumparan.com, Rabu (10/5).

"Memang kalau yang hanya putih biru itu dulu di etnis Tionghoa untuk yang sedang berkabung karena ada keluarga yang meninggal. Kalau sekarang mungkin karena matinya kebenaran dan keadilan," jelas wanita yang menjadi ketua komunitas Mbatik Yuk itu.

Lebih lanjut, motif batik kelengan sendiri telah mengalami perkembangan atau modifikasi. Seperti batik yang dipakai Ahok telah dikombinasi dengan motif parang pada bagian atasnya. Menurutnya, batik parang mempunyai makna agar tidak pernah menyerah dan tak pernah berhenti berjuang untuk memperbaiki diri serta memperjuangkan kesejahteraan. 

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)