home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ketua Majelis Hakim Sidang Kasus Ahok Naik Jabatan

Kamis, 11 Mei 2017 19:47 by Dits | 2934 hits
Ketua Majelis Hakim Sidang Kasus Ahok Naik Jabatan
image source: liputan6

DREAMERS.ID -Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi dinyatakan bersalah terkait kasus penodaan agama. Ketua majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Dwiarso Budi Santiarto, memutuskan Ahok divonis 2 tahun penjara.

Mengutip laman Liputan6, Dwiarso Budi Santiarto yang menangani kasus Ahok masuk dalam 300 hakim yang naik jabatan. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Ridwan Mansyur yang mengungkapkan Dwiarso Budi Santiarto naik jabatan menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Denpasar.

"Iya benar (Dwiarso dapat promosi jabatan). Ada sekitar 300 hakim dan ketua pengadilan negeri, dan dia termasuk di dalamnya," ujar Agung Ridwan Mansyur, Kamis (11/5).


image source: Getty Images

Beredar kabar kalau pengangkatan tersebut terkait dengan kasus Ahok yang ditanganinya. Namun, Ridwan menegaskan bahwa promosi jabatan Dwiarso tak ada hubungannya dengan sidang vonis Ahok.

Baca juga: Fakta-fakta Nicholas Sean, Putra Sulung Ahok yang Dilaporkan Atas Penganiayaan

"Enggak, mutasi promosi itu kan proses panjang. Biasanya dilakukan oleh tim penentu promosi melalui proses panjang. Itu memang sudah waktunya promosi, karena terkait senioritas dan kekosongan jabatan," lanjut dia.

Lebih lanjut, menurut Ridwan proses promosi seorang hakim tidak mudah karena tak dilakukan dalam waktu singkat dengan kisaran waktu sekitar dua sampai tiga bulan. Pengangkatan dilakukakn secara serentak dan dalam jumlah banyak melalui tahapan seleksi ketat.

"Biasanya promosi jumlahnya 100 sampai 500 hakim. Rapat biasanya makan waktu dua sampai tiga bulan proses rapatnya, satu-satu dilihat visi misinya. Ada juga dari tim pengawasan ada dia kena kasus. Ada polanya promosi hakim, bisa dicek di situs mahkamahagung.go.id," tegas Ridwan.

Dari penelusuran di laman mahkamahagung.go.id, Dwiarso terdaftar sebagai mutasi hakim sesuai Hasil Rapat Tim Promosi dan Mutasi (TPM) Hakim, Rabu, 10 Mei 2017. Ia berada di peringkat 142 dari 388 hakim yang menerima promosi. Berbeda dengan Dwiarso, dua hakim lainnya yakni Didik Wuryanto dan I Wayan Wirjana yang diketahui juga menangani kasus Ahok tidak mendapat promosi.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)