home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Uniknya Cara Masak Ayam Gunakan Sinar Matahari, 'Solar Chicken'!

Jumat, 19 Mei 2017 15:10 by dodo07 | 3912 hits
Uniknya Cara Masak Ayam Gunakan Sinar Matahari, 'Solar Chicken'!
Image source: AFP

DREAMERS.ID - Selain rasa dan bentuk, saat ini tidak sedikit produsen makanan yang membuat inovasi unik saat menyajikan produknya, seperti yang dilakukan penjual ayam di Thailand. Jika pada umumnya, kita memasak ayam dengan menggunakan kompor, penjual kaki lima ini justru memanfaatkan cara lain yaitu dengan bantuan cahaya matahari.

Seorang penjaja kaki lima berusia 60 tahun punya cara unik dan berbeda untuk menjual dagangannya. Pria bernama Sila Sutharat tersebut memasak ayam dengan panas dari pantulan sinar matahari dengan memakai sebuah dinding besar yang terdiri dari 1.000 cermin bisa dipindahkan. Karena itulah, ia menamakan produknya ini ‘Solar Chicken’.


Image source: AFP

Baca juga: Dakbokkeumtang, Sup Ayam Pedas Korea Inspirasi Menu Buka Puasa

Alat memasak tersebut ia rancang dan buat sendiri untuk memfokuskan sinar matahari ke jejeran ayam yang sudah dimarinasi. Panas menyengat tersebutlah yang membuat ayam bisa matang dengan merata. Itu terjadi karena reflektor matahari menghasilkan panas yang hebat. Mirip dengan oven. Hanya perlu 12 menit bagi ayam untuk matang sepenuhnya memakai pancaran sinar matahari.


Image source: AFP

Mengingat iklim tropis Thailand, membuat matahari jadi sumber energi bebas, bersih dan benar-benar ramah lingkungan. Selain itu, ia sempat membandingkan hasil ayam dengan panggangan arang tradisional yang sebelumnya ia gunakan. Ternyata hasil daging lebih empuk dan matang merata.

Sebenarnya sudah 20 tahun terakhir Sila memanggang ayam dengan cara tak biasa. Tapi setelah video ia memasak dengan pantulan cahaya itu viral, orang-orang dari seluruh Thailand datang ke gerainya. Selain daging ayam, Sila dan istrinya, Pastri juga melakukan cara yang sama untuk memasak olahan daging babi.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)