home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pahami Bahaya Sebarkan Foto dan Video Korban Bom Bunuh Diri Kampung Melayu

Kamis, 25 Mei 2017 13:15 by reinasoebisono | 2086 hits
Pahami Bahaya Sebarkan Foto dan Video Korban Bom Bunuh Diri Kampung Melayu
Image source: Okezone

DREAMERS.ID - Sesaat setelah tersebarnya kabar bom bunuh diri di Kampung Melayu yang turut menewaskan 2 pelaku, sederet foto dan video korban dalam kondisi tak layak pun turut beredar. Materi yang tersebar di sosial media dan aplikasi pesan itu diminta untuk tak lagi dibagikan.

Hal ini ditegaskan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta masyarakat menghentikan penyebarluasan gambar atau video korban ledakan bom bunuh diri di Terminal TransJakarta, Kampung Melayu.

Karena tanpa disadari, konten-konten yang berpotensi menimbulkan ketakutan itu justru adalah teror yang sebenarnya dan diinginkan oleh pelaku terorisme. Kepala Sub Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intang Dulung pun menjabarkan masyarakat harus memahami dampak penyebarluasan hal tersebut.

"Masyarakat jangan terpancing. Kejadian di Kampung Melayu mungkin hanya memakan tujuh korban luka dan jiwa, tapi ketika gambar atau video potongan tubuh korban disebarluaskan, jutaan orang akan menjadi korban baru," kata Andi Intang.

Baca juga: Ditangkap! Penembak Letkol Dono di Jatinegara Ternyata Sama-sama Dari Kalangan TNI

Mengambil contoh tragedi teror di Sarinah Thamrin pada Januari 2016. Meski kejadian terpusat di satu titik, namun konten penyebar ketakutan itu beredar secara luas via sosial media. Akibatnya, kondisi Jakarta dan sekitarnya lumpuh.

"Kengerian yang timbul sebagai dampak peristiwa di Thamrin jangan terulang," tandasnya melansir Okezone.

Andi Intang juga menghimbau kepada media massa untuk berlaku sama saat memberitakan peristiwa ledakan di Kampung Melayu. Presiden Jokowi juga sudah mengeluarkan pernyataan terkait insiden bom bunuh diri tersebut. Beliau menghimbau agar seluruh masyarakat tetap tenang dan bersatu dalam ketenangan serta tak mudah terprovokasi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)