home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Insomnia Memburuk Saat Bulan Puasa? Mungkin Kamu Harus Tambah Asupan Ini

Sabtu, 27 Mei 2017 21:10 by reinasoebisono | 2695 hits
Insomnia Memburuk Saat Bulan Puasa? Mungkin Kamu Harus Tambah Asupan Ini
Image source: Fitness Atrium

DREAMERS.ID - Tidur bisa jadi adalah hal yang paling dinantikan selama seharian beraktifitas. Selain untuk mengistirahatkan tubuh, tidur bisa membuat badan menjadi relaks dan kembali segar keesokan harinya. Tak heran jika tubuh akan mengalami gangguan kesehatan jika kurang tidur.

Salah satu masalah tidur adalah insomnia yang bisa disebabkan karena  konsumsi obat tertentu, stres, hingga pola hidup tak sehat. Nah, ternyata ada penelitian tentang sejumlah makanan yang bisa membantu mengurangi masalah insomnia kamu. Yuk disimak via Daily Moslem.

Ayam
Ayam mengandung vitamin B6 yang mampu memproduksi jenis asam amino yaitu tryptophan. Penelitian dalam Journal of Psychiatric yang dilakukan Ernest Hartmann dan tim adalah, typtophan tersebut bisa menimbulkan serotonin, yaitu hormon kebahagiaan. Serotonin inilah yang membuat manusia merasa lelah, relaks dan tertidur.

Ikan Salmon & Tuna
Beda dengan ayam, Salmon memiliki vitamin B12 yang memiliki pengaruh terhadap melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur manusia. Penelitian ini dilakukan oleh Geert Mayer yang dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychopharmacology. Sedangkan tuna, mengandung niacin yang mendorong tidur malam berkualitas.

Jamur
Mulailah menyukai jamur jika kamu sering insomnia. Karena jamur memiliki banyak kandungan vitamin D yang mempengaruhi Diencephalon, yaitu wilayah otak yang mengatur siklus tidur. Menurut D. Gominak dan tim, insomnia biasanya disebabkan karena kekurangan vitamin D.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

Bayam
Magnesium dalam bayam tergolong lebih banyak yang bisa mempengaruhi durasi tidur seseorang karena mempengaruhi produksi melatonin seperti yang disebutkan di atas. Pengaruh magneisum ini dikonfirmasi oleh penelitian Behnood Abbasi dalam Journal of Research in Medical Sciences.

Pisang dan Putih Telur
Pisang terkenal mengandung kalium tinggi. Namun tahukah kamu jika kalium bisa meningkatkan relaksasi otot? Dengan rileksnya otot, tentu tubuh manusia akan lebih mudah istirahat. Padukan juga dengan menu yang memiliki putih telur karena fakta dalam penelitian Yukihiko Ito, L-Serine yang termasuk asam amino dalam putih telur memberikan efek mengantuk.

Ingat, makanan di atas sebaiknya ada salah satu dalam menu makan malammu ya, Dreamers. Agar bisa tidur nyenyak di malam hari. Sebaliknya, hindari makanan tersebut saat pagi atau sahur jika tak mau aktivitasmu terganggu dengan kantuk. ^^

(rei)

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)