home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cara Menyiasati Asupan Cairan Saat Bulan Puasa Agar Tak Dehidrasi

Minggu, 28 Mei 2017 04:00 by fzhchyn | 3198 hits
Cara Menyiasati Asupan Cairan Saat Bulan Puasa Agar Tak Dehidrasi
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, satu hal yang langsung dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi air. Namun jika kondisinya sedang berpuasa, tentu kita tidak bisa melakukannya hingga waktu berbuka.

Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kandungan cairan dalam tubuh selama puasa. Karena efek dehidrasi tidak hanya membuat haus dan tenggorokan kering, tapi kulit juga akan kering dan mengurangi konsentrasi. Agar puasa tetap lancar dan tubuh tidak mengalami dehidrasi parah, simak beberapa tips berikut untuk menyiasatinya.

1. Perbanyak minum air putih di malam hari dan saat sahur

Sudah tentu air adalah hal paling penting untuk mencegah dehidrasi. Usahakan untuk meminum air putih secara berkala di waktu malam setelah beruka dan saat sahur. Kurangi juga minuman manis yang justru membuat cairan dalam tubuh cepat berkurang.

2. Tambahkan sepotong lemon dalam minuman

Mengkomsumsi  2 liter air atau 8 gelas dalam sehari dapat membantu mencegah dehidrasi. Tapi saat sahur kita tidak dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Maka untuk menyiasatinya dapat menambahkan lemon dalam minuman yang diminum. Selain itu lemon dapat menambah kesegaran minuman.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

3. Konsumsi sup saat sahur

Sup adalah makanan yang sangat baik untuk bersantap sahur. Menu ini dapat membantu mencegah dehidrasi saat berpuasa. Hal ini karena sup umumnya mengandung banyak air. Mengkonsumsi sup hangat saat sahur dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain itu sayuran yang terkandung dalam sup juga mengandung mineral yang tinggi.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Ahli gizi menyarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah saat berpuasa. Karena memperbanyak konsumsi dua makanan ini dapat membantu tubuh menyimpan banyak cairan dan mineral untuk mencegah dehidrasi. Pilihlah buag yang mengandung banyak air seperti semangka ataupun melon.

5. Kurangi aktivitas di luar ruangan

Bila tidak terlalu penting untuk pergi keluar ruangan apalagi saat cuaca terik, sebisa mungkin hindari aktivitas diluar ruangan. Aktivitas diluar ruangan dapat membuat tubuh banyak kehilangan cairan tubuh. Kehilangan cairan tubuh inilah yang menyebabkan utama dehidrasi. Saat berpuasa sebaiknya perhatikan waktu istirahat yang baik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)