home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Flakka, Ganja yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'

Senin, 29 Mei 2017 13:10 by dodo07 | 6783 hits
Flakka, Ganja yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'
Image source: tribbunnews

DREAMERS.ID - Belakangan ini masyarakat diresahkan oleh beredarnya informasi dan video mengenai bahayanya ganja jenis flakka atau alpha-Pyrrolidinopentiophenone yang mendatangkan bahaya bagi penggunanya melebihi bahaya kokain. Yang lebih meresahkan, ganja jenis ini juga memiliki efek mengubah penggunanya jadi zombie.

Seperti yang ditampilkan dari video yang dibagikan oleh pengguna media sosial, obat ini dapat membuat pencandunya memberi respon agresif yang luar biasa. Kebanyakan pecandu akan meronta, menjerit, bahkan melukai diri sendiri ketika obat ini 'merasuk' dan mempengaruhi mereka.

Terkait bahaya ganja flakka, BNN menyampaikan jika mereka telah menurunkan tim untuk melakukan penelitan, "Nah ini sedang dalam penelitian laboratorium," ujar Buwas di Pusdiklat BPK, dikutip dari Detik, Senin (29/5).


Salah satu efek Flakka pada pengguna (Daily Mail)

Baca juga: Penjelasan BNN Soal 'Narkoba Zombie' Flakka yang Diduga Sudah Beredar di Indonesia

Menurut Buwas, Flakka merupakan ganja sintetis dan mengandung campuran-campuran khusus yang membuat ganja itu memiliki dampak luar biasa. Di dunia maya, campuran tersebut biasa dikenal dengan sebutan Flakka. Ada juga yang menyebutnya sebagai gravel.

Campuran berbentuk kristal putih tersebut diyakini memiliki efek yang membahayakan. Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, tampak beberapa pengguna Flakka bergerak aneh -- kepalanya miring, nyaris kayang, susah berbicara seperti zombie -- setelah mengonsumsi zat tersebut. Ia juga memiliki kecenderungan untuk melukai orang di sekelilingnya.

Sementara itu, menurut pandangan Ahli Epidemiologi dan Penyalahgunaan Narkoba di Nova Southeastern University, Fort Lauderdale, Florida, Jim Hall, obat sintetis ini telah dilarang sejak 2012 karena dosisnya yang terlalu susah untuk dikendalikan dan ditentukan.

(nnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)