home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penetapan Susunan Hakim 'Terkenal' di Kasus Tingkat Kasasi Jessica Wongso

Selasa, 30 Mei 2017 17:47 by reinasoebisono | 1815 hits
Penetapan Susunan Hakim 'Terkenal' di Kasus Tingkat Kasasi Jessica Wongso
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Setelah proses 7 bulan, akhirnya Mahkamah Agung (MA) menetapkan susunan majelis untuk mengadili perkara kasus sianida dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso di tingkat kasasi. Kasus kematian Wayan Mirna Salihin itu memvonis Jessica 20 tahun penjara di persidangan sebelumnya.

Berdasarkan info dari website MA melansir Detik, Ketua Majelis Hakim dipegang oleh Artidjo Alkostar. Hakim Agung satu ini terkenal setelah memperberat vonis tersangka korupsi Angelina Sondakh dari 4 tahun menjadi 12 tahun. Serta vonis 10 bulan untuk dokter Ayu dalam kasus malapraktik.


Artidjo Alkostar (Kompas)

Selain Artidjo yang juga Ketua Muda MA bidang Pidana, ada pula hakim anggota yaitu Hakim Agung Salman Luthan. Salman terakhir menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara kepada Handoko Loe dan tuntutan uang pengganti 185 miliar dalam kasus korupsi alih fungsi lahan PT. KAI di Medan.

Baca juga: Harapan Terakhir Kasus Sianida Jessica Wongso yang Buat Sang Ibu Terus Menangis

Mantan Wali Kota Medan Rahudman Harahap juga dihukum 10 tahun penjara dalam kasus serupa oleh Salman. Sedangkan hakim anggota selanjutnya adalah Hakim Agung Sumardjiatmo yang makin dikenal publik saat mengadili Sumanto di Pengadilan Negeri Purbalingga pada medio 2000-an.


Salman Luthan (Detik)

Seperti yang sudah diketahui, Jessica didakwa membunuh Mirna yang meninggal dunia di Kafe Oliver, Grand Indonesia, Jakarta pada 6 Januari 2016. Kasus ini sangat menarik perhatian publik dan negara asing untuk beberapa bulan karena persidangan disiarkan secara langsung dan berlarut-larut.

Penyelidikan pun mengarahkan polisi ke Jessica dan menetapkannya sebagai tersangka pembunuhan tunggal. Motif pembunuhan berencana dilakukan karena sakit hati Jessica terhadap Mirna. Meski begitu, Jessica sama sekali tidak mengakui perbuatannya dan mengajukan banding atas vonis 20 tahun penjaranya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)