home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Jaga Kesehatan dan Kelembapan Kulit Selama Bulan Puasa

Rabu, 31 Mei 2017 11:56 by fzhchyn | 1930 hits
Tips Jaga Kesehatan dan Kelembapan Kulit Selama Bulan Puasa
Image source: Life Script

DREAMERS.ID - Mengalami kulit kering memang bisa terjadi kapan saja, baik sedang berpuasa maupun tidak. Namun berkurangnya supan cairan selama menjalani ibadah puasa tak bisa dipungkiri membuat tubuh dehidrasi dan kulit pun menjadi kering.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit selama bulan puasa. Mulai dari aturan mandi yang sebaiknya mulai diperhatikan hingga menggunakan produk yang bisa menghidrasi kulit tanpa membatalkan ibadah puasa.

1. Mandi

Menurut spesialis kulit dari Bamed Health Care, dr Pandu Pradana, Sp.KK, salah satu cara sederhana menghindari kulit kering ialah mandi tak lebih dari lima menit. Kebiasaan ini juga sebenarnya disarankan meski sedang takberpuasa.

"Mandi dua kali sehari, kurang dari lima menit. Semakin lama kulit kontak dengan air, semakin melarutkan lemak dalam kulit (lemak menjaga kelembapan kulit) sehingga membuat kulit menjadi kering," ujarnya mengutip Antara.

Baca juga: Nikita Willy Ungkap Ada yang Spesial di Lebaran Tahun Ini

2. Pelembap dan spray wajah

Saat kondisi kulit masih agak basah setelah mandi, sebaiknya aplikasikan pelembap pada kulit. Pandu menyarankan pengaplikasian pelembap juga bisa dilakukan setelah berwudhu. “Pelembap yang mengandung petroleum jelly, biasanya lengket. Pelembab ini menahan cairan tetap di dalam kulit. Tidak ideal di iklim kita, kecuali keadaan kulit kering sekali, pecah-pecah. Sebaiknya gunakan lotion," imbuhnya. Selain itu, penggunaan spray wajah juga bisa membantu melembapkan kulit.

3. Asupan cairan dan makanan sehat

Mendapat asupan cairan yang cukup selama rentang antara berbuka puasa hingga sahur juga penting. Selain air putih dengan jumlah yang disarankan yaitu 2 liter atau delapan gelas, sebisa mungkin juga hindari minuman yang mengandung kafein. Pandu menambahkan, konsumsi makanan sehat seperti daging, ikan, sayur dan buah pun menjadi cara penting lainnya mencegah kulit kering. 

(fzh)

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)